Jakarta (ANTARA) - Musisi dan komposer legendaris asal Jepang Ryuichi Sakamoto meninggal dunia dalam usia 71 tahun, menurut pengumuman dari perusahaan rekaman Avex pada Minggu (3/4) waktu setempat.

Pemain keyboard dari band musik elektronik Yellow Magic Orchestra itu meninggal dunia pada Selasa (28/3), namun berita duka itu baru diumumkan pada Minggu (3/4).

Perusahaan rekaman menyebutkan bahwa pemakaman jenazah Sakamoto juga sudah dilakukan dengan hanya dihadiri kerabat dekat. Mengutip laporan Kyodo yang disiarkan Senin, penyebab pasti kematian belum diketahui. Namun, Sakamoto pada Juni 2022 pernah mengungkapkan bahwa dirinya tengah berjuang melawan kanker stadium IV.

Baca juga: Hadapi kanker, Ryuichi Sakamoto tayangkan konser final via livestream

Sakamoto dikenal membintangi film perang "Merry Christmas, Mr. Lawrence" (1983) sekaligus sebagai komposer di film tersebut. Dia kemudian menggubah musik untuk film "The Last Emperor" (1987) karya sutradara Bernardo Bertolucci yang membuatnya memenangkan penghargaan Oscar dan Grammy.

Sakamoto banyak menggubah musik untuk lebih dari 30 film. Selain "Merry Christmas, Mr. Lawrence" dan "The Last Emperor", ada pula film-film besar seperti "The Sheltering Sky" (1990), "High Heels" (1991), "The Little Buddha" (1993), dan lainnya. Dia mulai menghabiskan sebagian besar waktunya di New York, AS, pada awal 1990-an.

Maestro legendaris itu mengumumkan diagnosis kanker tenggorokan yang dideritanya pada 2014 dan diagnosis kanker rektal pada 2021. Kanker menyebar hingga ke paru-parunya, mengharuskan dia untuk menjalani operasi pada Oktober dan Desember 2021.

Pada Maret tahun lalu, di tengah perjuangan melawan kanker, Sakamoto ikut serta dalam konser orkestra di Tokyo, Jepang. Dalam konser itu, simfoni baru yang dia buat berjudul "Ima Jikan ga Katamui te" ditampilkan.

Baca juga: Drummer band legendaris Jepang YMO meninggal dunia

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023