Jakarta (ANTARA) - Musisi asal Jepang yama membagikan cerita uniknya selama berkunjung di Indonesia untuk kedua kalinya dalam gelaran Jak-Japan Matsuri 2023, salah satunya soal jumlah lampu merah di Indonesia.

“Salah satu hal unik dari Indonesia dibandingkan Jepang adalah jumlah lampu merah di jalan. Kalau di Jepang, lebih banyak (lampu merahnya). Kalau di Indonesia, lampu merahnya lebih sedikit,” kata yama saat tampil dalam acara Jak-Japan Matsuri 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu.

“Jadi, kalau mau belok kanan atau kiri saja harus lurus, sampai harus putar balik. Itu salah satu hal unik yang saya rasakan di Indonesia,” kata yama sembari tertawa.

Baca juga: Indonesia-Japan Friendship Festival hadirkan seni budaya kedua negara

Tidak hanya itu, pengisi lagu soundtrack animasi Jepang “SPY X Family” itu juga merasa cuaca di Indonesia lebih panas dibandingkan Jepang. Jika saat ini di Jepang telah memasuki musim dingin, berbeda halnya dengan Indonesia yang mulai masuk ke musim penghujan, tetapi, tetap terasa panas pada siang hari.

“Yang kedua, cuacanya (di Indonesia) panas sekali,” kata yama.

Tahun ini, yama kembali menyambangi Indonesia untuk kedua kalinya melalui festival Jak-Japan Matsuri 2023, yang diadakan untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Sebelumnya, yama sudah pernah bertandang ke Tanah Air untuk sebuah acara pertunjukan.

Dia pun menceritakan kesannya saat pertama kali datang ke Indonesia kala itu. Menurut dia, penonton di Indonesia sangat ramah dan lebih heboh dibandingkan penonton di Jepang.

“Waktu pertama kali tampil di Indonesia, memang antusiasnya luar biasa dibandingkan audiens di Jepang, (penonton Indonesia) lebih heboh. Bahkan, orang Indonesia sangat baik dan ramah sekali, dan juga sangat berkesan bagi saya,” kata yama.

Baca juga: Penggemar budaya Jepang di Bali ikuti festival bermain kostum

Baca juga: Dubes RI ikut Parade Budaya Indonesia di festival pelabuhan di Jepang

Baca juga: ONE OK ROCK rilis lagu terbaru "Make It Out Alive"

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023