Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menunjuk Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk menggantikan Zainudin Amali yang mundur setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), beberapa waktu lalu.

Pria yang memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu dikenal sebagai sosok yang aktif dalam bidang kepemudaan dan olahraga.

Khusus olahraga, dia pernah mendapat kepercayaan sebagai Chef de Mission (CdM) atau Ketua Kontingen Indonesia pada Youth Olympic Games 2018 atau Olimpiade Remaja yang diadakan di Buenos Aires, Argentina.

Tak hanya itu, Dito juga aktif di dunia balap sepeda dengan menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta periode 2019-2023.

Baca juga: Presiden Jokowi akan lantik Menpora dan Kepala BNPT pada Rabu

Selain balap sepeda, Dito juga menjabat sebagai Dewan Penasehat Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) masa bakti 2019-2023.

Namanya makin lekat dengan olahraga karena putra ketiga dari Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo itu juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Selain olahraga, Dito juga aktif di bidang kepemudaan. Salah satunya pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar.

Kini, Dito akan memasuki babak baru dalam karier politiknya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Akan ada banyak tugas yang menanti termasuk menyiapkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games XXXII/2023 di Kamboja pada 5-17 Mei.

Baca juga: Dito Ariotedjo akan dilantik sebagai Menpora
Baca juga: Presiden Jokowi sudah kantongi nama calon Menpora

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023