...sering dilalui kendaraan berat dengan muatan melebihi tonase.
Negara, Bali (ANTARA News) - Ambruknya salah satu dermaga "movable bridge" (MB) II di Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur, menyebabkan antrean kendaraan cukup panjang di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Selasa (4/12) malam hingga Rabu dinihari.

"Karena salah satu dermaga di Ketapang ambruk, kami hanya mengoperasikan lima dari enam dermaga yang ada di Pelabuhan Gilimanuk, menyesuaikan dengan Pelabuhan Ketapang," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Wahyudi Susianto saat dikonfirmasi wartawan, Rabu.

Ia mengatakan, antrean cukup panjang hingga sekitar dua kilometer dari pelabuhan terkait pada malam hingga dinihari jumlah kendaraan yang menyeberang cukup banyak.

"Tetapi menjelang siang antrean tidak ada lagi, karena jumlah kendaraan yang menyeberang khususnya kendaraan besar juga menurun," ujar Wahyudi.

Karena tempat sandar kapal di Pelabuhan Ketapang berkurang satu, pihak ASDP juga mengurangi kapal yang beroperasi dari 27 menjadi 25 unit.

Dengan kondisi ini, Wahyudi mengatakan, pihaknya berusaha memberikan pelayanan maksimal untuk meminimalkan antrean kendaraan saat malam hingga dinihari.

Sementara itu Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Ketapang Suwarno mengatakan, dermaga yang dibangun pada 1997 itu ambruk karena terlalu sering dilalui kendaraan berat dengan muatan melebihi tonase.

Menurut Suwarno, pihaknya sedang melakukan perbaikan di dermaga tersebut yang diperkirakan akan selesai dalam waktu empat hari.

"Tetapi perbaikan ini hanya sementara, sehingga yang bisa lewat di atas jembatan dermaga untuk masuk kapal hanya mobil kecil dan sepeda motor," ujarnya.

Ambruknya dermaga ini juga menyebabkan truk tronton yang memuat beras tercebur ke laut saat melintas di atas jembatan dermaga tersebut, namun tidak ada korban jiwa.
(KR-GBI)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012