Jakarta (ANTARA) -
Membangun otot dan kekuatan bukan hanya tentang melakukan latihan yang benar atau makan cukup protein, tetapi juga pola pikir dan rutinitas perawatan diri yang tepat untuk memperoleh hasil lebih baik.
 
Seperti dikutip dari Insider, Senin, Binaragawan Holly Baxter memberikan tips bahwa rutinitas perawatan diri penting untuk meningkatkan kebugaran.
 
"Jika ada sesuatu yang saya pelajari, terutama dalam beberapa tahun terakhir, itu melambat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk perawatan diri, jeda telah membantu saya menjadi lebih sadar diri dan selaras dengan tubuh saya," katanya.
 
Menurut pengalamannya, rutinitas pagi sebelum memulai aktivitas penting dilakukan untuk membuat pikiran jadi lebih fokus, seperti membuat jurnal apa yang akan dilakukan dan membaca buku.
 
Kebiasaan penting lainnya untuk membuat tubuh lebih bugar adalah memprioritaskan jadwal dengan membuat perencanaan ke depan.

Baca juga: Dokter ingatkan jangan lupakan aktivitas fisik selama liburan
 
"Saya mendengar begitu banyak orang mengatakan 'Saya tidak punya waktu untuk bergerak hari ini'. Seharusnya tidak 'jika' saya punya waktu untuk berolahraga, itu adalah kapan saya akan menyesuaikannya dengan jadwal saya," ucap Baxter.
 
Membuat jadwal dapat membantu Anda menilai apa yang mungkin menghabiskan waktu dan mengukir lebih banyak waktu untuk hal-hal yang penting.
 
Selain itu, jika ingin mendapatkan keuntungan dan memanfaat dari sesi olahraga sebaik mungkin, Baxter menyarankan untuk menyembunyikan ponsel selama latihan. Menurut dia, hal itu akan mengarah pada fokus dan kinerja yang lebih baik.
 
Terakhir, binaragawan ini juga membagikan tips untuk bisa mengatakan 'tidak' agar seseorang memiliki batasan yang tegas sehingga dapat mengambil waktu istirahat sesudahnya.
 
Jika bersikeras mengambil semua pekerjaan, akan muncul tanda-tanda kelelahan seperti stres, kecemasan, dan suasana hati yang buruk secara konsisten. Bagaimana dan kapan Anda memutuskan untuk beristirahat adalah keputusan yang sangat individual, jadi temukan irama yang sesuai untuk Anda, tetapi ketahuilah bahwa jadwal yang padat tidak akan bertahan lama.
 
"Anda bisa mengisi waktu sepanjang hari, tapi akhirnya Anda merasa sangat kewalahan. Anda mulai merasakan konsekuensi dari perspektif psikologis dan fisiologis," kata Baxter.

Baca juga: Tren program kebugaran 2023

Baca juga: Aplikasi Fita "Catch" bantu pelatih buat program lebih efektif

Baca juga: Latihan fisik perlu tetap disempatkan demi cegah kena penyakit

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023