Banda Aceh (ANTARA) - Masyarakat keturunan etnis Tionghoa tergabung dalam Yayasan Hakka Aceh membagikan 2.150 paket sembako Ramadhan kepada masyarakat kurang mampu dari berbagai daerah di "Tanah Rencong" --sebutan untuk Aceh.

“Kita membagikan sebanyak 2.150 paket hari ini, dan serentak kita laksanakan di sejumlah kabupaten/kota di Aceh," kata Ketua Yayasan Hakka Aceh Kho Khie Siong atau Aky di Banda Aceh, Senin.

Pembagian paket sembako tersebut serentak di Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Aceh Barat, Tapaktuan, Blang Pidie, Bireuen, Takengon, Lhokseumawe, Lhoksukon, Aceh Utara, Langsa, dan Aceh Tamiang.

Ia mengatakan pembagian sembako tersebut sudah menjadi tradisi mereka setiap Ramadhan, sebagai salah satu bentuk kepedulian warga keturunan Tionghoa di daerah itu terhadap masyarakat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita di Aceh yang sedang menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kepri salurkan bantuan 1.300 paket sembako Ramadhan di Lingga

Ia menuturkan bantuan sembako tersebut hasil patungan atau sumbangan dari para anggota Hakka Aceh yang sudah sukses di perantauan, di mana mereka tersebar di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan saat ini semua daerah mengalami inflasi, tak terkecuali Aceh, di mana kenaikan harga barang pokok terus meningkat ditambah saat Ramadhan kebutuhan masyarakat juga semakin banyak.

"Sehingga dengan bantuan dari kita ini sedikitnya benar-benar bisa membantu atau menutupi kebutuhan saudara Muslim di Aceh," katanya.

Dirinya menambahkan pembagian sembako Ramadhan sudah berlangsung pada 2011 sejak berdiri Yayasan Hakka di Aceh. Paket sembako Ramadhan yang dibagikan juga terus meningkat setiap tahun.

“Kalau pertama saat 2011 lalu tidak sampai 500 paket, tahun ini meningkat menjadi 2.150 paket. Paketnya kali ini isinya beras, kecap, ada minyak goreng, mi instan dan susu," kata Aky.

Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq mengucapkan terima kasih kepada warga keturunan etnis Tionghoa di daerah itu yang telah berpartisipasi dalam rangka membantu masyarakat kurang saat Ramadhan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi, katanya, permintaan kebutuhan pokok oleh masyarakat mengalami peningkatan pada Ramadhan ini.

"Selama ini pemerintah kota menyubsidi harga, dan hari ini gratis diberikan, ini efeknya sangat besar kepada masyarakat miskin, dan membantu pemerintah mengendalikan inflasi," kata dia.

Baca juga: Baznas bagikan 12.500 paket sembako selama Ramadhan
Baca juga: Disperindag Maluku menyiapkan 500 paket pasar murah sambut Lebaran
Baca juga: Sejumlah hotel di Jember sajikan menu spesial Ramadhan

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023