Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membagikan sebanyak 12.500 paket Ramadhan Bahagia yang berisi sembako untuk keluarga mustahik (penerima manfaat) selama Ramadhan 1444 Hijriah.
 
"Dalam penyalurannya, Baznas berkolaborasi dengan beberapa mitra penyaluran di antaranya Baznas Provinsi/Kota/Kabupaten se-Indonesia, mitra strategis Baznas, dan donatur Baznas," ujar Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Baznas siapkan pesantren kilat di kapal TNI AL bagi anak muzaki
 
Saidah mengatakan penyaluran Paket Ramadhan Bahagia ini merupakan program penyaluran kebutuhan pokok kepada mustahik yang rutin dilakukan oleh Baznas setiap tahunnya.
 
Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berzakat kepada masyarakat serta memaksimalkan potensi rukun Islam ketiga demi menyejahterakan umat secara lebih luas, terutama pada bulan suci Ramadhan.
 
"Proses penyaluran paket ini pun masih terus berlanjut selama Ramadhan," kata dia.

Baca juga: BAZNAS kuatkan tata kelola lembaga dorong pengelolaan zakat optimal
 
Ia memastikan Paket Ramadhan Bahagia ini diberikan secara tepat sasaran, terutama pada kelompok-kelompok rentan yang terdiri atas beberapa klaster penerima manfaat. Klaster tersebut seperti tenaga pendidik, UMKM, buruh informal, buruh formal, korban PHK, dan pengangguran.
 
"Semoga kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para mustahik untuk senantiasa bersyukur dan beribadah, juga menyadarkan masyarakat tentang urgensi zakat dan rasa peduli terhadap sesama," kata dia.
 
Sebelumnya, Baznas berencana menggelar pesantren kilat Ramadhan 144 Hijriah di kapal milik TNI AL dengan sasaran peserta dari anak-anak muzaki (pemberi manfaat), agar mereka bisa melihat lebih dekat proses pendistribusian dan pengelolaan zakat.

Baca juga: BAZNAS gandeng KESAN permudah warga tunaikan zakat lewat digital
 
Program pesantren kilat tersebut menjadi satu di antara sejumlah program lainnya yang akan dilaksanakan selama Ramadhan. Adapun program lainnya seperti buka puasa dan sahur bersama, menyiapkan menu berbuka untuk mereka yang tidak sempat berbuka di rumah, Paket Ramadhan Bahagia (PRB), dan sejumlah program lainnya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023