Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melepas keberangkatan 522 peserta mudik gratis yang terdiri atas marbot atau penjaga serta pengurus masjid, guru ngaji, guru pesantren atau madrasah, dan pendakwah di Halaman Gedung Baznas, Jakarta, Minggu.
 
Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, menyampaikan kegiatan mudik gratis tersebut merupakan bentuk komitmen Baznas dalam membantu para mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat.

Baca juga: Baznas bersama INH bagikan hidangan berkah Ramadhan ke warga Palestina
 
"Hari ini Baznas membantu mudik gratis untuk para pejuang umat, para marbot, dan guru ngaji itu adalah asnaf fi sabilillah yang masuk dalam kategori mustahik, mereka berkontribusi nyata dalam syiar Islam maka harus dibantu," kata dia.
 
Pelepasan peserta mudik gratis Baznas itu dihadiri oleh Mahdum, Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat, serta Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri.
 
Mahdum berharap program mudik gratis dari pihaknya itu dapat bermanfaat untuk para marbot dan guru ngaji, sehingga mereka bisa bertemu keluarga, orang tua, dan bersilaturahmi di kampung halamannya sekaligus merayakan momen Lebaran.
 
"Ini cara kami membagikan kebahagiaan kepada para donatur dan muzaki yang telah menitipkan dana zakat, infak sedekahnya kepada Baznas bahwa donasi mereka itu insya Allah bermanfaat. Kebahagiaan para marbot dan guru ngaji ini insya Allah akan menjadi kebahagiaan para muzaki dan donatur di BAZNAS," kata Mahdum.
 
Sebelumnya, Baznas juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut telah memberangkatkan 1.026 peserta mudik gratis menggunakan Kapal Perang KRI Banda Aceh-593 dengan tujuan Semarang, Jawa Tengah, dan Surabaya, Jawa Timur.
 
Sementara itu, Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat menjelaskan mudik gratis bersama Baznas itu melewati dua rute, yakni jalur utara dan selatan dengan tujuan delapan kota di provinsi Jawa Tengah.
 
"Ada 9 bus, 6 bus ke jalur utara, 3 bus ke jalur selatan, jalur utara akan ke Tegal, Pekalongan, Semarang dan Solo. Jalur rute selatan akan ke Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta," ucapnya.

Baca juga: Bantu keselamatan pemudik, Baznas dirikan 28 pos siaga mudik


Baca juga: BAZNAS distribusikan air bersih untuk pengungsi Palestina di Rafah
 
Imdadun menambahkan 522 peserta mudik gratis yang terdiri atas 181 keluarga tersebut tidak hanya difasilitasi bus gratis, tetapi juga makanan dan minuman selama di perjalanan. Mereka juga mendapatkan Paket Ramadhan Bahagia (PRB) yang berisi sembako.
 
"Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan,” kata dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024