Jakarta (ANTARA) -
Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang menanggapi keresahan masyarakat soal donasi dari McDonalds Indonesia untuk masyarakat Gaza, Palestina dan mustahik.
 
"YKMI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua Baznas RI yang menyatakan saat ini mereka tidak lagi mengumpulkan donasi dari McDonalds yang merupakan produk terafiliasi dengan Israel," kata Direktur Eksekutif YKMI Ahmad Himawan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Baznas RI siapkan bantuan kemanusiaan Rp2 miliar untuk Sudan
 
Menurut Himawan, sikap Baznas itu telah sejalan dengan mayoritas sikap umat Islam Indonesia yang berupaya mendukung rakyat Palestina dengan memboikot produk terafiliasi Israel dan mematuhi Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan Terhadap Palestina.
 
YKMI juga mengajak Baznas untuk terus mengambil bagian mendorong perjuangan pembebasan Palestina dan mengakhiri kejahatan genosida Israel di Palestina. Salah satunya adalah dengan menegaskan keberpihakan kepada perjuangan umat Islam Indonesia yang tidak mengonsumsi produk-produk terafiliasi Israel.
 
"Inilah yang bisa kita lakukan untuk melemahkan jejaring ekonomi kelompok zionis, karena hingga saat ini penyerangan Israel ke Palestina masih terus berlanjut," kata Himawan.
 
Sebelumnya melalui pernyataan yang diunggah ke dalam laman resminya, Baznas menyatakan sikap tidak akan menerima lagi donasi dari McDonalds Indonesia untuk masyarakat Gaza dan mustahik. Langkah tersebut diambil Baznas sebagai evaluasi setelah mendengar masukan dan keresahan masyarakat, karena McDonald's diduga menjadi bagian dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel.

Baca juga: BAZNAS RI masih buka donasi untuk Palestina

Baca juga: BAZNAS RI kembali kirim bantuan ke Palestina melalui Mesir
 
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Deputi I Baznas RI Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta menindaklanjuti arahan Ketua Baznas Noor Achmad.
 
"Dengan memperhatikan secara seksama atas kritik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat atas bantuan yang diterima oleh Baznas dari McDonald's untuk Palestina, maka Baznas memutuskan mengambil langkah ini. Baznas juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kecintaan para muzaki dan masyarakat kepada Baznas selama ini," kata Arifin.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024