Baznas akan memberikan kepada setiap mustahik sebanyak lima kilogram
Kota Bogor (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyalurkan zakat fitrah kepada 250 Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebagai mustahik atau penerima manfaat di Kampung Mongol, Kelurahan Tegallega, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam sambutannya di Kota Bogor, Senin, mengatakan Baznas menyalurkan zakat fitrah sesuai dengan data masyarakat yang sudah dikumpulkan oleh Kelurahan Tegallega. Sehingga penyaluran zakat tepat sasaran kepada para mustahik.

“Semua data yang akan mendapatkan distribusi juga harus diverifikasi aman syar'i-nya. Ini menandakan bahwa yang menerima zakatnya itu dari kalangan mustahik,” ujarnya.

Saidah menjelaskan, mayoritas masyarakat di Kampung Mongol berprofesi sebagai pemulung, pengemis, pengamen, hingga pembantu. Sehingga penyaluran zakat fitrah kepada masyarakat di wilayah tersebut menjadi salah satu prioritas Baznas.

“Setelah saya cek tadi, mayoritas masyarakat adalah pemulung, pengamen, pengemis, dan juga pembantu. Jadi kalau dilihat dari topografi dan demografinya memang dari kampung mustahik, sehingga kampung ini menjadi prioritas Baznas dalam distribusi zakat fitrah,” jelasnya.

Baca juga: Baznas: Literasi jadi tantangan dalam mengoptimalkan potensi zakat
Baca juga: Baznas apresiasi usul Forum Pemred jadikan zakat standar etika jabatan


Selain menyalurkan zakat fitrah di Kampung Mongol, Saidah juga mengatakan, Baznas akan menyalurkan zakat fitrah ke seluruh Indonesia, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan bantuan dari zakat fitrah yang sudah dikumpulkan.

“Baznas akan memberikan kepada setiap mustahik sebanyak lima kilogram beras untuk satu keluarga. Zakat fitrah ini akan kami distribusikan ke seluruh Nusantara,“ ujarnya.

Saidah pun mengajak muzaki segera menyalurkan zakat fitrah mereka melalui Baznas. Pihaknya memberikan kemudahan kepada para muzaki untuk menunaikan zakat, baik melalui website, kanal digital lainnya, atau datang langsung ke gerai-gerai zakat Baznas.

“Kepada para muzaki, ini saatnya membayar zakat fitrah. Jangan sampai ditunda, segera tunaikan. Karena zakat yang para muzaki berikan, sangat berarti bagi kalangan-kalangan yang kita datangi,” kata Saidah. 

Baca juga: Wali Kota Tangerang imbau pegawai bayar zakat setelah terima THR
Baca juga: Baznas Surakarta ajak masyarakat segera bayar zakat
Baca juga: Baznas gandeng media gencarkan gerakan filantropi lewat zakat


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024