Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali memberikan pelayanan kepada para pemudik dengan mendirikan 28 pos siaga mudik yang tersebar di lima provinsi selama periode mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Adapun pelepasan Tim Siaga Pos Mudik BAZNAS 2024 dilakukan di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta pada Rabu.
 
Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum mengatakan program pos siaga mudik itu merupakan kerja sama antara Baznas pusat dengan Baznas provinsi yang menjadi titik penyebaran posko dalam rangka menjaga keselamatan jiwa dan raga para pemudik.
 
"Alhamdulillah kita dapat melaksanakan kembali program yang dinanti-nantikan masyarakat, mengamalkan salah satu maqashid syariah yaitu hifzun nafs, yaitu menjaga jiwa para pemudik," katanya.
 
Mahdum menjelaskan pada pos siaga mudik kali ini pihaknya melibatkan sekitar 280 personel dari Baznas Tanggap Bencana (BTB), Rumah Sehat Baznas (RSB) dan relawan Pramuka yang tersebar di pulau Jawa untuk membantu kebutuhan para pemudik selama di perjalanan.
 
"Insya Allah pelayanan kita untuk para pemudik adalah pelayanan lahir dan batin, teman-teman di BTB ini sudah teruji bukan hanya untuk keselamatan fisik tapi rehab kejiwaan juga ahli, teman-teman di RSB juga sudah ahli bukan hanya sekedar memberikan obat yang sifatnya medis tapi juga doa-doa dalam rangka ruhani," imbuhnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menjelaskan program pos siaga mudik merupakan salah satu program reguler Baznas yang akan terus diadakan setiap tahunnya untuk melayani asnaf fi sabilillah.
 
"Jadi kita melayani orang-orang yang akan melaksanakan silaturahmi, akan birrul walidain kepada orang tuanya, maka ini kita kategorikan sebagai fi sabilillah," ujarnya.
 
Adapun berbagai fasilitas yang dapat dinikmati di Pos Siaga Mudik Baznas, lanjutnya, ialah dapur air, takjil gratis, layanan tempat istirahat, charger ponsel, dan layanan kesehatan serta fasilitas ibadah.
 
"Fasilitasnya berupa kesehatan, ada obat-obatan juga dokter pijat, pelayanan makanan minuman, jadi ada takjil dan air panas, kopi, teh untuk minuman hangatnya, kemudian juga kita siapkan tempat tidur untuk teman-teman yang mungkin perlu istirahat dan rebahan sebentar, dan kita biasanya nempel dengan fasilitas ibadah jadi untuk fasilitas ibadah juga dekat insyaallah," jelasnya.
 
Selain itu, posko mudik Baznas juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya.
 
Baznas RI menyediakan 28 posko mudik di titik strategis, di antaranya di Serang untuk Provinsi Banten. Untuk Provinsi Jawa Barat, posko mudik Baznas berada di Purwakarta, Rest Area 88A, Rest Area 88B, Subang, Cirebon, Rest Area 07A, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Kabupaten Bandung Barat.
 
Sementara pada Provinsi Jawa Tengah dan DIY, pos siaga mudik Baznas tersebar di Yogyakarta, Brebes, Cilacap, Banyumas, Kota Tegal, Semarang, Surakarta, Karanganyar. Terakhir untuk provinsi Jawa Timur, Baznas menyediakan posko mudik di Ngawi, Jombang, Trenggalek, Lumajang, Pasuruan dan Surabaya.

Baca juga: Baznas ingatkan pemudik bisa berikan zakat di posko mudik

Baca juga: Baznas resmi lepas tim siaga untuk posko mudik di 28 titik 

Baca juga: AP II aktifkan posko terpadu mudik Lebaran 2024

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024