Melanjutkan Timwas akan memberikan dukungan moril yang kuat kepada lembaga penegak hukum"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Anis Matta mengatakan, anggota Tim Pengawas Bank Century sepakat memperpanjang masa kerja tim ini yang sebelumnya berakhir Desember ini.

"Tadi dibahas apakah diperpanjang atau tidak. Enam fraksi meminta diperpanjang seperti Fraksi Golkar, PDIP, PKS, PPP, Gerindra dan PKB. Jadi kesimpulan rapat tadi adalah masa kerja Timwas Century diperpanjang," kata Anis di Jakarta, Rabu.

Dua fraksi, yakni Fraksi Hanura dan PAN tidak menghadiri rapat, sedangkan Fraksi Partai Demokrat menolak memperpanjang masa kerja tim ini.

Anis menjelaskan alasan memperpanjang masa tugas Timwas Century, "Perlu ada pengawasan lebih lanjut. Tugas yang diamanatkan Rapat Paripruna dipandang Timwas Century belum selesai."

Alasan lain adalah demi menindaklanjuti temuan KPK dan berkaitan dengan kredilitas DPR yang jika penegak hukum tak menemukan hal yang diidentifikasi Hak Angket maka proses dalam DPR dianggap cacat.

"Melanjutkan Timwas akan memberikan dukungan moril yang kuat kepada lembaga penegak hukum tanpa khawatir intervensi politik," kata Anis.

Hasil rapat Timwas Century ini masih akan dibawa ke Badan Musyarawah untuk selanjutnya dibawa ke rapat paripurna DPR RI tanggal 11 Desember 2012.

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012