Jakarta Raya (ANTARA) - Berita seputar DKI Jakarta pada Senin (3/4) masih layak dibaca, di antaranya DPRD minta Pemprov DKI tuntaskan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sosialisasi Kota Sadar Zakat di Festival Ramadhan Jaksel hingga pemudik diimbau tak gunakan terminal bayangan.

Berikut ulasannya:

1. DPRD minta Pemprov DKI tuntaskan program PTSL di Jakarta Barat

Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta Inggard Joshua mengatakan bahwa program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Jakarta Barat harus segera dituntaskan, seperti persoalan timbulnya sertifikat yang tidak sah dan bukan atas nama pemilik.

"Misalnya ada yang ngaku ngaku punya tanah, ya kita buktikan mana datanya, kasih fotocopy-nya tanah siapa yang punya, kita kejar itu semua. Jangan menyengsarakan rakyat. Inikan programnya pak Jokowi Presiden kita," kata Inggard pada rapat mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI Jakarta Tahun 2022 di gedung DPRD DKI, Senin.

Baca selengkapnya di sini:


2. Pemkot Jaksel sosialisasi Kota Sadar Zakat di Festival Ramadhan

Pemerintah Kota Jakarta Selatan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DKI menggelar sosialisasi Jakarta Selatan sebagai Kota Sadar Zakat dalam gelaran Festival Ramadhan 1444 H, Senin (3/4).

Kepala Baznas DKI Jakarta, Ahmad Abu Bakar dalam sambutannya mengapresiasi warga Jakarta Selatan yang berpartisipasi optimal untuk membayar zakat.

"Zakat yang terkumpul kita gunakan untuk membantu fakir miskin, pendidikan, dan kegiatan-kegiatan amal lainnya. Jadi saya meminta kesadaran kita semua untuk turut berpartisipasi dalam zakat," kata Ahmad pada Senin.

Baca selengkapnya di sini:


3. Sudinhub Jakbar imbau pemudik tidak gunakan terminal bayangan

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat mengimbau kepada pemudik untuk tidak berangkat dari terminal bayangan melainkan dari terminal resmi pemerintah.

"Lebih baik naik dari terminal yang dikelola pemerintah karena banyak keuntungan yang diterima penumpang," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat, Affandi Novrizal saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Beberapa keuntungan yang didapat penumpang diantaranya kualitas bus yang terjamin karena sudah melalui proses ramp check atau inspeksi menyeluruh.

Baca selengkapnya di sini:


4. Satpol PP gerebek 23 lokasi penjualan miras selama Ramadhan

Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat menggerebek 23 lokasi penjualan minuman keras (miras) dalam operasi penindakan selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Operasi tersebut dilakukan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tingkat kecamatan dan kota sejak 10 Maret 2023 hingga 2 April 2023.

"Ini bagian dari upaya kami dalam menekan peredaran minuman keras selama bulan suci, demi menjaga kekhusyukan dalam beribadah," kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini:


5. Pemkot Jaksel tangkap 404 PPKS

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menangkap sebanyak 404 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di wilayah itu sejak Januari hingga akhir Maret 2023.

"Sebanyak 404 PPKS kami tangkap sejak Januari sampai dengan akhir Maret 2023," kata Kepala Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Selatan Bernard Tambunan di Jakarta, Senin.

PPKS sebanyak itu terdiri atas 60 gelandangan, pengamen (94), pengemis (41), pemulung (86), asongan (16), parkir liar (5) dan seorang tuna susila. Selain itu 24 disabilitas mental, seorang penyandang disabilitas, lanjut usia terlantar (28), anak terlantar (2), 25 orang terlantar dan 21 non PPKS.

Baca selengkapnya di sini:

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023