Jakarta (ANTARA) - Tim-tim Liga Basket Australia NBL1 menyambut timnas basket putra Indonesia untuk uji coba dengan tim basket di Negeri Kanguru tersebut dalam persiapan sebelum berkompetisi di SEA Games 2023 Kamboja.

"Kami sangat senang menyambut kembali timnas putra Indonesia ke Australia. Tahun lalu merupakan kedatangan yang besar, penonton via daring meroket dan itu hal yang bagus untuk melihat pertumbuhan perhatian global pada NBL1," kata General Manager NBL1 Dean Anglin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pada tahun lalu, tepatnya Juni 2022, timnas basket putra Indonesia juga berkunjung ke Australia dalam rangka persiapan kompetisi FIBA Asia Cup 2022.

Kali ini, timnas putra akan berlatih sekaligus uji coba menghadapi tim basket NBL1 sejak 4 hingga 24 April mendatang.

"Timnas Indonesia memilih negara kami dan liga basket kami untuk persiapan SEA Games, ini menunjukkan NBL1 sudah cukup dipandang," katanya.

Baca juga: Timnas basket Indonesia lakukan latihan dan uji coba di Australia

Para pemain timnas putra yang mengunjungi Australia akan menjalani 18 latihan dan sembilan kali pertandingan melawan tim basket NBL1.

Sebanyak 15 pemain diboyong ke Australia dan akan dievaluasi oleh pelatih timnas Milos Pejic di akhir lawatan guna seleksi untuk skuad SEA Games.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan timnas Indonesia memiliki misi mempertahankan medali emas SEA Games yang didapatkan pada ajang yang sama tahun 2021.

"Kami mempertahankan medali emas di SEA Games. Jadi persiapan terbaik dibutuhkan, itulah mengapa kami kembali ke Australia yang sudah berada di level puncak bola basket dunia," kata Danny..

Berikut nama-nama pemain timnas basket putra Indonesia yang melawat ke Australia:

1. Andakara Prastawa
2. Widyanta Putra Teja
3. Yudha Saputera
4. Jerome Anthony Beane
5. Muhamad Arighi
6. Yesaya Saudale
7. Althof Dwira Satrio
8. M Sandy Ibrahim Aziz
9. Juan Laurent Kokodiputra
10. Dame Diagne
11. Kaleb Ramot Gemilang
12. Vincent Kosasih
13. Lester Prosper
14. Kelvin Sanjaya
15. Julian Chalias

Baca juga: Milos Pejic akan seleksi timnas basket berbasis "team play"
Baca juga: Milos ungkap cara gantikan Bolden dan Derrick yang masih absen

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023