Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu (5/4), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap kemungkinan dampak yang ditimbulkan.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Selasa.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Baca juga: BMKG minta masyarakat waspada potensi hujan lebat periode mudik

Adapun enam kabupaten tersebut yakni Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, dan Kabupaten Paser.

Rinciannya antara lain hujan lebat di Kabupaten Berau diprakirakan terjadi pukul 11.00 Wita di empat kecamatan, yakni Kelay, Batu Putih, Biduk-Biduk, dan Segah. Pada pukul 14.00 Wita hujan petir di lima kecamatan, yakni Kelay, Tabalar, Biatan, Segah, dan Talisayan, dan pada pukul 23.00 Wita hujan petir di Kelay dan Segah.

Di Kabupaten Kutai Barat, hujan petir terjadi sekitar pukul 17.00 Wita di enam kecamatan, yakni Bongan, Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, dan Muara Lawa, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga hujan sedang.

Baca juga: BMKG: Kecenderungan hujan masih tinggi saat Lebaran

Pada pukul 20.00 Wita, hujan lebat disertai petir di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulat, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, dan Tering. Pada pukul 23.00 Wita hujan lebat disertai petir di Kecamatan Penyinggahan.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara diprakirakan terjadi pukul 17.00 Wita di Kecamatan Kenohan, pukul 20.00 Wita di Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, dan Kenohan, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Muara Muntai, Tabang, dan Muara Wis.

Di Kabupaten Kutai Timur, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 11.00 Wita di Kecamatan Sandaran, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan, pukul 14.00 Wita di Kecamatan Kaliorang, Muara Wahau, Bengalon, Busang, Kaubun, dan Rantau Pulung.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem 3-5 April

"Pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan di Kecamatan Muara Ancalong, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, dan Busang, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan," kata Heni.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023