Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka secara resmi, kick off Liga Futsal Pekerja tingkat provinsi dalam rangka menyambut rangkaian peringatan May Day pada 1 Mei 2023 mendatang.

Menaker Ida dalam sambutannya di Jakarta, Selasa menyampaikan dengan kegiatan yang positif itu diharapkan May Day Tahun 2023 dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Tak lupa, Menaker mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi sikap sportivitas dan persaudaraan dalam bertanding.

Melalui Kompetisi ini,  Ida berharap ke depan kompetisi futsal dapat diadakan dengan lingkup lebih luas lagi sehingga semangat kebersamaan selalu melekat di hati dan pikiran sahabat-sahabat SP/SB maupun para pengusaha dan pemerintah.

"Saya berpesan kepada Tripartit (pemerintah, pengusaha, dan pekerja) agar bersama rayakan May Day tahun ini dengan riang gembira, ceria, dan semangat bersama untuk meraih kesejahteraan bagi pekerja, serta semangat masa depan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis," ujar Menaker Ida.

Ia mengemukakan, kompetisi futsal ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Ketenagakerjaan dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Kemnaker: Pembayaran THR paling lambat H-7 sebelum hari raya keagamaan

Pada tahun ini, ia menyampaikan, May Day bertemakan "Merajut Kebersamaan antara Pekerja, Pengusaha, dan Pemerintah di Hari Yang Fitri". Pemilihan tema May Day tahun 2023 itu didasarkan dengan pertimbangan peringatan May Day pada tanggal 1 Mei 2023 masih dalam momen Idul Fitri 1444 H.

"Diharapkan dapat semakin meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan dan ketahanan sosial unsur Tripartit dalam memecahkan berbagai isu-isu ketenagakerjaan yang sangat dinamis," katanya.

Menaker mengatakan, peringatan May Day akan kembali di laksanakan di Jakarta. Diharapkan peringatan May Day tahun ini akan dirayakan bersama dengan Presiden Joko Widodo, dirayakan dengan suka cita kepada seluruh unsur Tripartit di dalamnya.

Liga Futsal Tingkat Provinsi ini diikuti oleh 12 Federasi SP/SB yang mengirimkan perwakilan timnya, yakni DPD FSP FARKES Reformasi-KSPI DKI Jakarta, Federasi Kebangkitan Buruh Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, FSP KEP KSPI DKI Jakarta, PD FSP KEP SPSI DKI JAKARTA, PD FSP RTMM SPSI DKI Jakarta.

Kemudian, DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta, FSB KIKES KSBSI DKI JAKARTA, SPN DKI Jakarta, ASPEK Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL (FSPPG-SPPMI), serta SP Panasonic-Penjualan dan Service.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023