..ini akan bisa tercapai sesuai target tahun ini Rp30 triliun"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan memperkirakan dana yang terserap masyarakat melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini akan mencapai target yang sudah ditetapkan, Rp30 triliun.

"Saya optimistis, ini akan bisa tercapai sesuai target tahun ini Rp30 triliun," katanya di Jakarta, Jumat.

Sampai November 2012, kata dia, tingkat serapan KUR sudah lebih dari Rp29 triliun atau hampir mencapai target Rp30 triliun.

Ia menyambut baik fakta bahwa program KUR sudah semakin dikenal dan memasyarakat di kalangan pelaku KUKM hingga calon wirausahawan.

"Saya harap, tahun depan bisa meningkat lagi dalam hal target maupun serapan," katanya.

Pihaknya mencatat sejak diluncurkan pada akhir 2007 sampai awal Oktober 2012, total serapan KUR sudah mencapai Rp87,97 triliun kepada 7,161 juta unit usaha.

"Untuk menurunkan tingkat pengangguran di bawah 5 persen dan kemiskinan di bawah 10 persen, jalan yang paling tepat sasaran adalah pemberdayaan UMKM melalui KUR sebagai sumber pembiayaan," katanya.

Menurut dia, KUR masih merupakan skema kredit termurah di antara kredit mikro lainnya yang ada di Indonesia.

Apalagi selama ini kendala utama yang dihadapi UMKM adalah permodalan, oleh karena itu pihaknya ingin KUR dapat semakin diperluas sampai ke pelosok Indonesia.

"KUR bahkan sudah mendapatkan pengakuan dan banyak dipuji dalam forum-forum internasional karena dianggap sebagai program yang solutif bagi UKM," katanya.

(H016/A035)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012