Jakarta (ANTARA) - Para pemain bola basket profesional seluruh Indonesia membentuk organisasi bernama Asosiasi Pemain Basket Profesional Indonesia atau disingkat Apbaspi yang bertujuan untuk mendampingi para pemain serta berperan dalam memajukan liga basket profesional di Tanah Air.

Asosiasi ini diketuai Christian Ronaldo Sitepu dan wakilnya Mario Gerungan, serta Sekretaris Jendral Niko D Panjaitan.

"Apbaspi mendukung IBL selaku liga bola basket profesional serta akan mendampingi para pemain profesional Indonesia," kata Christian Ronaldo atau yang akrab disapa Dodo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Apbaspi telah mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dan menyampaikan tujuan pembentukan asosiasi tersebut untuk kemajuan olahraga bola basket nasional. "Kami ingin Apbaspi ikut berperan dalam review peraturan pelaksanaan IBL," kata Junas.

Selain itu Apbaspi juga akan terlibat dalam komisi disiplin yang berisi perwakilan Perbasi, Technical Delegate, dan perwakilan IBL.

"Kami juga akan membantu literasi legal kepada pemain-pemain IBL," kata Dodo.

Latar belakang terbentuknya Apbaspi terjadi ketika ada salah seorang pemain basket yang tersandung kasus hukum dengan mantan klubnya terkait status kontrak pemain.

Saat itu, para pemain basket Indonesia memberikan dukungan pada pebasket yang berurusan dengan hukum dan inisiatif untuk membentuk asosiasi pemain muncul. Apbaspi telah terdaftar secara sah dan berkekuatan hukum di Kementerian Hukum dan HAM sejak akhir tahun 2022.

Baca juga: Perbasi beri wadah pebasket muda melalui Indonesia Development League
Baca juga: Arena Piala Dunia FIBA diharapkan bisa dipakai untuk IBL 2023

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023