Hadirnya SPKLU ke-3 di Riau ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dan mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik
Pekanbaru, Riau (ANTARA) - PT PLN (Persero) menambah satu stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), yang berlokasi di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Dumai, Riau.

"Hadirnya SPKLU ke-3 di Riau ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dan mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Evarefita dalam keterangannya di Dumai, Riau, Kamis.

Menurut dia, Pemprov Riau terus mendukung PLN dalam menghadirkan SPKLU. Penambahan SPKLU dapat mendukung pengembangan Kota Dumai sebagai pintu gerbang utama di Sumatera dengan fasilitas pelabuhan terbesar di Riau.

Keberadaan SPKLU, katanya, sesuai amanat Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan menyampaikan kehadiran SPKLU di Kota Dumai akan membuat masyarakat beralih ke kendaraan listrik dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

"Pendirian SPKLU ini sebagai komitmen pengurangan emisi karbon. Ini adalah bagian dari desain besar transisi energi dari fosil ke energi baru dan terbarukan. Suatu kenyataan bahwa kebutuhan energi fosil dalam bentuk BBM setiap saat meningkat oleh karena itu kita berharap bahwa ke depan energi listrik bisa kita gunakan," katanya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau & Kepulauan Riau Agung Murdifi mengatakan PLN siap menyambut masifnya penggunaan kendaraan listrik di Riau.

"Kini sebanyak tiga unit SPKLU telah tersedia untuk pengguna mobil listrik dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) bagi motor listrik sudah tersedia di 10 lokasi di Riau," katanya.

Menurut dia, PLN akan terus memperbanyak SPKLU dan SPBKLU di Provinsi Riau.

Agung juga mengatakan PLN membuka peluang kerja sama bisnis waralaba bagi mitra yang berminat.

"Untuk pengajuan bisnis model ini, para calon investor cukup mengakses halaman https://layanan.pln.co.id/partnership-io2-spklu yang mana terdapat berbagai pilihan skema kerja sama sesuai dengan kebutuhan," sebutnya.

Baca juga: PLN operasikan 616 SPKLU di 237 lokasi selama mudik Lebaran
Baca juga: Penjualan listrik di Riau dan Kepulauan Riau tertinggi secara nasional

Baca juga: Gubernur Riau-PLN resmikan stasiun pengisian kendaraan listrik pertama

Pewarta: Frislidia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023