menjelang Natal dan Tahun Baru 2013
Pekalongan (ANTARA News) - Sekitar 90 persen tiket kereta api tujuan Jakarta, Surabaya, dan Malang dengan pemberangkatan melalui Stasiun Besar Kota Pekalongan sudah habis terjual.

Kepala Stasiun Besar Kereta Api Kota Pekalongan, Totok Supriyanto di Pekalongan, Minggu, mengatakan menjelang Natal dan Tahun Baru 2013, jumlah penumpang terus meningkat bahkan 90 persen tiket KA tujuan Jakarta, Surabaya, dan Malang sudah dipesan.

"Saat ini hanya masih tersedia 10 persen tiket KA yang belum dipesan oleh masyarakat, itu pun hanya untuk tiket tujuan ke Bandung," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2013, PT KAI akan mengoperasikan gerbong cadangan sebagai tambahan untuk setiap KA.

"Penambahan gerbong ini sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang meski kapasitasnya hanya 400 tempat duduk," katanya.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Kota Pekalongan, Ali Tas`an mengatakan menjelang Natal dan Tahun Baru 2013, pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas tempat penginapan dan pelayanan kepada para penumpang yang datang di terminal pada malam hari.

"Kami telah siapkan tempat penginapan gratis kepada para penumpang yang tiba di terminal bus pada malam hari," katanya.

Ia mengatakan dirinya belum mengatahui pasti kapan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang di terminal saat menjelang Natal dan Tahun Baru itu.

"Hanya saja kami berharap peningkatan jumlah penumpang bus di akhir tahun ini mampu memberikan kontribusi lebih sehingga target pendapatan sebesar Rp750 juta dapat terlampaui," katanya.
(KR-KTD)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012