Bandarlampung (ANTARA) - Terminal Tipe B Mulyojati, Kota Metro, Lampung memasuki pekan ketiga bulan Ramadhan masih sepi dari para calon penumpang yang hendak pulang ke kampung halaman pada periode mudik Lebaran 2023.  

"Iya untuk arus mudik Lebaran 2023 ini di Terminal Tipe B Mulyojati masih belum ada peningkatan yang cukup signifikan," kata Kepala UPT Terminal Tipe B Mulyojati Dwi Hera Pratiwi saat dikonfirmasi, di Metro, Jumat.  

Dia menyebutkan, untuk puncak arus mudik baik kedatangan maupun keberangkatan di Terminal Mulyojati diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 April 2023 mendatang.

"Ada perubahan cuti nasional, makanya kami prediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 April," ujarnya dia.  

Menurut dia pada arus mudik Lebaran tahun ini kemungkinan akan terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Sebab sudah tidak ada lagi larangan mudik oleh pemerintah pusat setelah pandemi COVID-19 mereda.  

"Pandemi COVID-19 sudah mulai mereda, dan tidak ada larangan mudik juga. Karena itu kemungkinan akan ada peningkatan pemudik pada angkutan Lebaran tahun ini," ujar dia.

Ia menjelaskan, penumpang yang mudik ke Kota Metro biasanya akan didominasi dari Provinsi Jawa Tengah, seperti Yogyakarta dan juga Jawa Timur.  

Ia pun mengimbau masyarakat yang hendak melakukan mudik pada Lebaran tahun ini untuk tetap mengutamakan keselamatan dan memilih angkutan yang sudah dinyatakan laik jalan oleh Dinas Perhubungan setempat.

"Sedangkan untuk yang membawa kendaraan pribadi lebih berhati-hati, karena kemungkinan arus mudik Lebaran tahun ini akan meningkat dibanding arus mudik Lebaran tahun 2022 lalu," katanya lagi.

Baca juga: Kapolri sebut rekayasa lalin di penyeberangan sudah disiapkan

Baca juga: Kapolri ajak masyarakat proaktif pantau informasi mudik

Baca juga: Anggota DPR imbau Kemenhub-Korlantas antisipasi kecelakaan saat mudik


Baca juga: Terminal Mulyojati Metro alami peningkatan penumpang jelang Lebaran

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023