Rockets tidak mampu mempertahankan keunggulan di kuarter keempat dan kalah untuk ketiga kalinya dari lima pertandingan terakhir.
Houston (ANTARA News) - O.J. Mayo mencetak 16 dari 40 poin yang dibukukannya di kuarter keempat pada Sabtu (Minggu WIB), untuk membantu Dallas menang 116-109 atas Houston Rockets.

Rockets menyambut kembalinya pelatih kepala Kevin McHale ke sisi lapangan untuk pertama kalinya, sejak ia mengambil cuti pada 10 November.

Putri McHale yang berusia 23 tahun, Alexandra "Sasha" McHale, yang berjuang keras melawan penyakit Lupus, meninggal dunia pada 24 November.

Sebelum pertandingan, McHale melakukan pertemuan dengan pelatih Mavericks Rick Carlisle, yang merupakan rekan setimnya di Boston dan masih menjadi kawan dekatnya sampai sekarang. Demikian diberitakan AFP--yang dikutip ANTARA News, di Jakarta, Minggu.

"Saya tidak dapat membayangkan emosi-emosi yang ia lalui pada bulan lalu. Semua dari kami yang mengenalnya memikirkan dia dan keluarganya, dan banyak berdoa untuk mereka dalam beberapa pekan terakhir," kata Carlisle.

"Hal ini merepresentasikan dirinya kembali ke keriuhan di sini, dan ini adalah hal yang penting," tambah Carlisle lagi.

McHale mengatakan dirinya merasa siap kembali melatih. "Tidak ada yang perlu disampaikan, itu adalah bulan yang menyedihkan. Namun rasanya ini saatnya untuk kembali dan bekerja di sekitar orang-orang ini," ucapnya.

Rockets, yang berusaha keras untuk memberikan kemenangan perdana bagi McHale di pertandingan pertamanya sejak kembali melatih, mendapat 39 poin dari James Harden dan 18 poin serta sepuluh rebound dari Chandler Parsons.

Tetapi Rockets tidak mampu mempertahankan keunggulan di kuarter keempat dan kalah untuk ketiga kalinya dari lima pertandingan terakhir.

"Kami mendapat lebih banyak emosi dan dorongan pada sektor serangan, khususnya saat memainkan operan bola," kata McHale, "Kami harus bermain dengan lebih cepat di kuarter keempat."

Mayo membukukan enam tembakan tiga angka dan melakukan delapan rebound, sedangkan Chris Kaman menambahi 20 poin dan tujuh rebound untuk Dallas.

"Saya hanya terfokus pada waktu dan mencetak angka," kata Mayo.

"Berusaha untuk mendapatkan 0,500 (persentase keberhasilan mencetak angka) sangat penting bagi kami dan kami melakukannya, dan kami terus membangun (permainan)nya."

Darren Collison dan Vince Carter berkontribusi dengan masing-masing menyumbang 12 poin di kemenangan ini, yang membuat Mavs memperbaiki rekornya menjadi 10-10.

Mavericks kembali tidak diperkuat Dirk Nowitzki, yang masih didera cedera lutut kanan.

Nowitzki mengatakan pada pekan ini bahwa ia tidak yakin dirinya akan kembali bermain, di saat ia berupaya mengembalikan kekuatan di otot quadricep-nya yang cedera sehingga dirinya tidak dapat berlatih penuh.

Forward All-Star ini pernah menjalani operasi arthroscopic di lutut kanannya pada Oktober.

Ia berharap dapat kembali bermain pada pertengahan Desember. Ini terlihat mustahil, meski Nowitzki mengatakan dirinya yakin dengan kemajuan pulihnya kondisi lututnya saat berlatih.

Pada saat ini, Mavericks memiliki Mayo.

"Penampilan yang tidak dapat dipercaya," kata Carlisle mengenai Mayo. "Apa yang ia perlihatkan pada 20 pertandingan pertama bahwa ia dapat memimpin tim ini. Ia benar-benar impresif. Ia benar-benar lapar kemenangan."

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012