Jakarta (ANTARA) - Pembuat ChatGPT, OpenAI, berencana untuk mengajukan langkah-langkah pemulihan atas masalah yang menyebabkan larangan penggunaan chatbot ini di Italia minggu lalu, demikian diungkapkan oleh badan perlindungan data Italia, Garante.

OpenAI, yang didukung oleh Microsoft Corp, menonaktifkan ChatGPT di Italia setelah Garante minggu lalu secara sementara membatasinya dan memulai penyelidikan terkait dugaan pelanggaran aturan privasi.

Badan tersebut minggu lalu menuduh OpenAI gagal memeriksa usia pengguna ChatGPT dan "ketiadaan dasar hukum yang membenarkan pengumpulan dan penyimpanan data pribadi secara masif".

Baca juga: OpenAI blokir akses ChatGPT di Italia

Pada hari Kamis, Garante mengungkapkan bahwa mereka tidak berniat menghentikan perkembangan kecerdasan buatan (AI), namun menegaskan kembali pentingnya menghormati aturan yang bertujuan melindungi data pribadi warga Italia dan Eropa.

Dalam konferensi video pada Rabu malam yang dihadiri oleh CEO Sam Altman, OpenAI berjanji untuk menjadi lebih transparan dalam cara mereka mengelola data pengguna dan memverifikasi usia pengguna, kata Garante.

Perusahaan tersebut mengatakan akan mengirimkan kepada Garante dokumen mengenai langkah-langkah untuk merespons permintaan mereka pada hari Kamis.

Otoritas data tersebut mengatakan akan mengevaluasi proposal yang diajukan oleh OpenAI. Sumber yang familiar dengan masalah ini mengatakan bahwa kemungkinan akan memakan beberapa hari untuk menilai isi dari surat tersebut.

OpenAI, yang berbasis di San Francisco, tidak memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar mengenai pernyataan dari badan tersebut.

Pada hari Kamis, perusahaan tersebut mempublikasikan sebuah pos blog yang berjudul "Pendekatan kami terhadap keamanan AI", yang menyatakan bahwa mereka sedang bekerja untuk mengembangkan "kebijakan bernuansa terhadap perilaku yang mewakili risiko nyata bagi manusia."

"Kami tidak menggunakan data untuk menjual layanan kami, beriklan, atau membangun profil pengguna," kata mereka. "Kami menggunakan data untuk membuat model kami lebih membantu bagi pengguna. ChatGPT, misalnya, menjadi lebih baik dengan pelatihan lebih lanjut berdasarkan percakapan yang dijalani oleh pengguna dengannya".

"Meskipun beberapa data pelatihan kami mencakup informasi pribadi yang tersedia di internet publik, kami ingin model kami belajar tentang dunia, bukan individu pribadi."

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka menghapus informasi pribadi dari dataset mereka jika memungkinkan, memperbaiki model untuk menolak permintaan pengguna yang meminta informasi tersebut, dan akan merespons permintaan individu untuk menghapus data mereka dari sistem mereka.

Larangan oleh Italia telah menarik perhatian regulator privasi lainnya di Eropa yang sedang mempelajari apakah langkah-langkah yang lebih keras diperlukan untuk chatbot dan apakah perlu berkoordinasi dalam tindakan tersebut.

Pada bulan Februari, Garante melarang perusahaan chatbot AI Replika untuk menggunakan data pribadi pengguna Italia, dengan alasan risiko bagi anak-anak dan individu yang emosional rentan. Demikian disiarkan Reuters, Kamis (6/4).

Baca juga: Jepang akan buat pedoman penggunaan chatbot AI di sekolah

Baca juga: Walikota di Australia tuntut OpenAI atas konten pencemaran nama baik

Baca juga: Microsoft ancam akan putus akses data pencarian Bing ke kompetitornya

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023