Jayapura (ANTARA) - Dua atlet atletik Papua hasil desentralisasi pelatnas binaan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan PT Freeport Indonesia (PTFI) yakni Agustinus Ngamar Mahuze dan Amatus Somaghai meraih medali perak pada Kejuaraan Atletik Filipina di Ilagan, Filipina, 22-26 Maret 2023.

Sekretaris Umum PB PASI Tigor M Tanjung dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan untuk menghadapi kejuaraan itu kedua atlet yang mewakili kontingen Indonesia tersebut telah menjalani persiapan selama delapan bulan di Mimika Sport Complex (MSC).

"Prestasi para atlet muda Papua ini adalah bukti nyata dari potensi Papua yang pernah menjadi gudang atlet atletik nasional," katanya.

Menurut Tigor, kompetisi Philippine Athletics Championships 2023 merupakan yang kelima bagi kedua atlet asal Bumi Cenderawasih itu

"Yang mereka ikut di Filipina merupakan bagian dari program kami bersama Freeport Indonesia untuk mengembangkan talenta-talenta muda Papua dan mengevaluasi kemampuan mereka dalam menghadapi ajang internasional," ujarnya.

Dalam Kejuaraan Atletik Filipina 2023 Agustinus Ngamar Mahuze meraih medali perak pada nomor lempar lembing dengan mencatat lemparan dengan jarak 61.12 meter.

"Puji Tuhan, saya mengucap syukur atas prestasi pertama yang saya dapatkan, semoga ini menjadi awal yang baik untuk prestasi selanjutnya dan bisa kembali membanggakan Indonesia," katanya. 

Baca juga: Indonesia bawa pulang dua perak dalam kejuaraan atletik di Filipina

Sementara Amatus Somaghai berhasil meraih medali perak pada lomba lari nomor 100 meter putra dengan mencatat waktu 11.06 detik pada babak kualifikasi dan ia berhasil memperbaiki waktunya menjadi 10.92 detik pada babak final dan mendapat medali perak.

Pelatih Kepala Pelatnas Atletik Mimika Muktar mengatakan prestasi yang didapat atlet Papua bukanlah prestasi pertama atlet pelatnas desentralisasi Mimika di kancah internasional.

Pada tahun 2022 PB PASI dan PTFI juga mengirim atlet lempar lembing Agustinus Abadi Ndiken ke Kejuaraan trek dan lapangan Thailand Terbuka.

"Di mana saat itu Agustinus yang merupakan satu-satunya atlet pelatnas desentralisasi Mimika di kontingen Garuda berhasil meraih medali perak dengan lemparan 68,93 meter," katanya.

Dia mengatakan atas prestasi tersebut PB PASI merekrut Agustinus untuk bergabung di pelatnas SEA Games 2023 di Kamboja.

Pihaknya akan mengevaluasi potensi para atlet muda Mimika, Provinsi Papua Tengah untuk menjadi perwakilan kontingen Garuda di ajang SEA Games 2023 di Kamboja pada Mei mendatang.

Baca juga: Timnas atletik tunjukkan progres dalam tes parameter SEA Games 2023
 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023