Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk 100 warga Kabupaten Rejang Lebong dengan total nilai Rp146,3 juta.

Kepala Sentra Dharma Guna Bengkulu Syam Wuryani usai acara penyaluran bantuan Atensi di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bantuan tersebut disalurkan Kemensos bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Bengkulu M. Saleh dan Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi.

"Bantuan Atensi yang diberikan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial atau PPKS di Kabupaten Rejang Lebong ini jumlahnya sebanyak 100 orang terdiri dari 50 orang penyandang disabilitas, 30 orang lansia, 10 orang Anak, dan 10 orang kelompok rentan," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan Atensi yang disalurkan ke daerah itu sebanyak 100 paket senilai Rp116,6 juta. Sentra Dharma Guna Bengkulu juga memberikan lima kursi roda biasa dan tiga kursi roda adaptif dengan nilai Rp29,7 juta sehingga total bantuan Atensi yang disalurkan ke Rejang Lebong mencapai Rp146,3 juta.

Sentra Dharma Guna Bengkulu tahun 2023 menyiapkan anggaran Rp1.166.270.400 dalam bentuk berupa paket sembako, nutrisi, dan perlengkapan perawatan diri untuk 1.000 PPKS tersebar di 10 kabupaten/kota.

Baca juga: Kemensos bantu korban puting beliung-kebakaran di Kampar dirikan usaha

Selain itu juga disiapkan alat bantu disabilitas berupa kursi roda biasa dan adaptif untuk penyandang disabilitas yang membutuhkan.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Dapil Bengkulu M. Saleh menyatakan bantuan sosial serta terobosan ini dilakukan pemerintah sebagai bentuk penegakan keadilan bagi seluruh warga yang membutuhkan sebagaimana diamanatkan pasal 34 UUD 1945.

Dia berharap, bantuan Atensi yang diberikan pemerintah itu bisa membantu para penerima, terutama dalam bulan puasa Ramadhan kali ini sehingga bisa memenuhi kebutuhan masing-masing.

"Kami akan memperjuangkan masyarakat yang dinilai layak mendapatkan bantuan tetapi tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS Kemensos sehingga nantinya bisa mendapatkan bantuan, dan kepada penerima yang sudah tidak layak lagi menerimanya agar dicoret," tegasnya.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Sentra Dharma Guna Bengkulu yang telah mengalokasikan bantuan melalui dana aspirasi anggota DPR RI ke wilayah itu.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan ATENSI Rp142 juta di Bengkulu Selatan
Baca juga: Kemensos berikan bantuan Atensi kepada 390 penerima manfaat di Tegal
Baca juga: Mensos serahkan bantuan ATENSI penyandang disabilitas di Sikka NTT

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023