Penegak hukum harus menjadi contoh, jangan baik di luar ternyata di dalam sama halnya dengan para koruptor."
Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Kejaksaan Negeri Mempawah membagikan stiker anti korupsi kepada sejumlah PNS dan masyarakat kabupaten Kubu Raya sebagai upaya sosialisasi dan antisipasi mewabahnya tindak pidana korupsi di Kubu Raya.

"Pembagian stiker anti korupsi ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Selain membagikan kepada pegawai pemkab Kubu Raya, kita juga membagikannya kepada para pengguna jasa penerbangan di bandara Supadio Pontianak," kata Kepala Kejari Mempawah, Bambang Setyadi di Sungai Raya, Senin.

Sebelum membagikan stiker, Kepala Kejari Mempawah, Bambang Setyadi beserta jajaranya mendatangi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk melakukan peringatan Hari Anti Korupsi secara bersama-sama.

Peringatan di gelar di Aula Kantor Bupati dan langsung dihadiri Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan beserta jajaran Satuan kerja perangkat daerah.

Bambang mengatakan peringatan Hari Anti Korupsi tidak cukup hanya dengan kegiatan-kegiatan seremonial. Akan tetapi harus mampu mengimplementasikan anti korupsi di dalam kehidupan. Sebagai penegak hukum tentu dituntut untuk mampu memberikan contoh kepada masyarakat.

Dia mengatakan, proses penegak hukum harus bersih dari permasalahan korupsi.

"Hal ini dikarenakan, ruang lingkup kerja kita sangat dituntut untuk selalu berlaku jujur dalam segala hal," katanya.

Dalam upaya menekan angka kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Pontianak dan Kubu Raya, lanjut Bambang pihaknya selalu gencar melakukan sosialisasi anti korupsi, yang dilakukan lingkungan masyarakat, seperti membagikan stiker hingga ketataran pemerintahan.

Menurutnya, peringatan Hari Anti Korupsi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam semangat pemberantasan korupsi di Indonesia. Hal ini lah yang membutuhkan dukungan dan komitmen bersama dari semua elemen masyarakat.

Jangan sampai timbul persepsi masyarakat kalau penegak hukum dalam menjalankan tugas telah tebang pilih kasus.

Sebagai instansi penegak hukum, Bambang pun menegaskan kepada jajarannya Selain itu, ia untuk selalu taat dalam menjalankan pekerjaan. Disiplin, menjadi awal untuk membiasakan diri selalu taat dalam aturan.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam hal yang kecil maka itu bisa berimbas ke hal lebih besar.

"Untuk memberants korupsi, dimulai dari dalam dengan menghindari praktik yang melanggar hukum," katanya.

Salah seorang pengunjung Banda Udara Supadi Kabupaten Kubu Raya, Mawan menganggap baik apa yang telah dilakukan Kejari Mempawah dalam upaya pemberantasan korupsi. Menurutnya, untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa penegak hukum tidak tebang pilih dalam menangani kasus bukan hanya melalui stiker akan tetapi dengan tindakan yang nyata.

"Penegak hukum harus menjadi contoh, jangan baik di luar ternyata di dalam sama halnya dengan para koruptor," kata Bambang. (ANT171)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012