Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi berkomitmen melayani pemohon paspor untuk kebutuhan mendesak secara cepat dan baik dengan tetap memberikan layanan di akhir pekan.

 
 
Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim menyambangi Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3) yang berlokasi di beberapa mal di Jakarta, Sabtu, guna memastikan layanan khusus tersebut tetap berjalan.

 
 
Silmy menyebut, dirinya mengecek tiga lokasi sekaligus, yakni UP3 Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

 
 
"Hari saya mengunjungi untuk melihat langsung pelayanan paspor percepatan sehari jadi di akhir pekan," kata Silmy dalam keterangannya.

 
 
Ia menjelaskan, layanan pemohon paspor untuk kebutuhan mendesak itu seperti, keperluan untuk berobat, dan tugas dinas luar negeri.

 
 
"Hal ini kami khususkan untuk masyarakat yang memerlukan paspor untuk keadaan mendesak, misalnya, mau berobat, tugas dinas ke luar negeri, sehingga hari ini datang, foto, dan paspor bisa jadi di hari ini juga. Kami pastikan alur nya jelas dan cepat," tutur Silmy menjelaskan.

 
 
Menurut Silmy, pelayanan paspor percepatan di akhir pekan, menjadi satu program prioritas nya terutama di kantor imigrasi dengan permohonan tinggi seperti di DKI Jakarta.

 
 
Hal tersebut, lanjut dia, untuk memenuhi permintaan pemohon paspor yang tidak sempat mendapatkan kuota pelayanan di hari kerja.

 
 
Meskipun pelayanan nya lebih cepat, Silmy menegaskan bahwa alur pemeriksaan berkas tetap mengedepankan unsur pengawasan dan pengamanan terhadap WNI yang mengajukan permohonan paspor

 
 
Di samping itu, kata dia, pemohon yang tidak mendapatkan kuota pelayanan di hari kerja, juga bisa datang langsung untuk mendapatkan pelayanan paspor pada akhir pekan ini.

 
 
"Kami buka di beberapa tempat strategis seperti mal, pusat perbelanjaan yang mudah diakses oleh masyarakat. Telah kami sediakan sarana prasarana pendukung sehingga masyarakat terlayani dengan nyaman," ujarnya.

 
 
Unit Pelayanan Percepatan Paspor atau disingkat UP3 saat ini baru tersedia di Kantor Imigrasi di Jakarta yaitu di Lippo Mal Puri, Pasar Pagi Mangga Dua, Lippo Mal Kemang, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Plaza Semanggi, dan Mal Cibubur Junction.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023