Mataram (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan logistik dan peralatan untuk penanganan dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat pada minggu pertama April 2023.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, bantuan tersebut diserahkan Penata Penanggulangan Bencana Ahli Madya pada Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat, BNPB, Rudy Supriadi JF, kepada Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, di Kabupaten Bima, Sabtu.

"Dalam upaya penanganan darurat bencana alam hidrometeorologi yang terjadi di Kabupaten Bima, BNPB hari ini menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada Pemerintah Kabupaten Bima, berupa bantuan logistik dan peralatan," kata Rudy Supriadi JF.

Ia menyebutkan bantuan yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bima senilai Rp250 juta dialokasikan untuk dana siap pakai, operasional posko dan Rp100 juta berupa bantuan logistik dan peralatan yang dibutuhkan selama tanggap darurat dan pemulihan.

BNPB juga menyerahkan bantuan logistik berupa 2.000 lembar matras dan 2.000 lembar selimut serta 5 unit genset.

"Semoga dapat cepat disalurkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat terdampak bencana," ucap Rudy.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengatakan bantuan tanggap darurat kepada Pemerintah Kabupaten Bima akan digunakan secara optimal untuk penanganan banjir di sejumlah kecamatan terdampak.

Bupati yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima Isyra, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB atas bantuan yang di terima.

"Setelah bantuan diterima, akan langsung dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait yaitu BPBD, Dinas Sosial, Dinas Perkim, serta unsur-unsur lain untuk segera bertindak secepatnya dalam rangka penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak," ucapnya.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan bencana ke Pemkot Kendari
Baca juga: BNPB beri bantuan "speed rescue boat" kepada Pemkab Anambas
Baca juga: Pemkab Bekasi terima bantuan dana siap pakai BNPB

Pewarta: Awaludin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023