Melalui acara kuliner ini, PLN berkomitmen untuk terus mendukung pelaku UMKM dan sekaligus memperkenalkan penggunaan kompor induksi
Makassar (ANTARA) - PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan kuliner bertajuk Ramadhan Electric Food Fest guna membangkitkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ramadhan Electric Food Fest yang digelar sejak 6 - 8 April 2023 tersebut menghadirkan 23 pelaku UMKM kuliner yang menawarkan beragam makanan dan minuman, serta memamerkan kendaraan listrik mulai dari mobil listrik, skuter hingga gokart.

"Melalui acara kuliner ini, PLN berkomitmen untuk terus mendukung pelaku UMKM dan sekaligus memperkenalkan penggunaan kompor induksi untuk kebutuhan sehari-hari di masyarakat," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin pada penutupan Ramadan Electric Food Fest di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, di momen Ramadhan 1444 Hini, PLN tidak hanya memastikan keandalan listrik tetapi memberi dukungan masyarakat agar mandiri secara ekonomi sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang juga dikenal dengan konsep Sustainable Development Goals (SDGs).

Maka dari itu, sesuai tema, seluruh UMKM yang berpartisipasi memasak makanan dan minumannya dengan menggunakan kompor induksi sebagai bentuk sosialisasi kepada UMKM maupun pengunjung.

Baca juga: PLN operasikan PLTS terapung terbesar di Indonesia

Baca juga: Direktur Utama PLN raih penghargaan CEO terbaik 2023


"Kami optimistis dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM," ujar Andy.

Kemeriahan kegiatan kuliner ini pun turut dirasakan berkahnya oleh para pelaku UMKM. Ayi pemilik dari Kuliner Nasi Kebuli mengaku senang dapat diundang dan berjualan makanan.

"Kami senang sekali dapat diundang untuk mengisi gerai. Masyarakat sangat antusias hadir di acara kuliner, semoga menjadi berkah bagi kami," ujar Ayi.

Hal senada disampaikan Slamet Hidayat selaku pemilik Kuliner Dapoer Mbafik. Ia mengaku produknya laku terjual di acara tersebut. Jika biasanya omset yang didapatkan per hari hanya kisaran Rp450 ribu, pada acara kali ini omzetnya meningkat menjadi Rp1,2 jutaan per hari.

"Terima kasih PLN, ini berkah Ramadhan. Senang sekali jualan saya semua terjual di acara ini, semoga acara seperti ini dapat sering diadakan karena sangat bermanfaat bagi kami UMKM," kata Slamet.

Tercatat sebanyak 1.300 pengunjung hadir di acara ini. Tidak hanya itu PLN juga turut mempromosikan aplikasi PLN Mobile serta promo tambah daya, bahkan PLN Iconplus juga memberikan akses gratis internet selama acara.

Eva salah satu pengunjung mengaku senang dapat hadir di acara tersebut. "Acaranya ramai dan merupakan pengalaman baru buat saya, ternyata seluruh UMKM menggunakan alat serba elektrik," kata Eva.

Baca juga: PLN santuni 3.284 dhuafa dan guru ngaji NTB senilai Rp1,07 miliar

Baca juga: PLN UID Lampung sebut kelistrikan pada Maret 2023 surplus 129 megawatt
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin pada penutupan Ramadhan Electric Food Fest di Makassar, Sabtu (8/4/2023). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023