Jakarta (ANTARA) - Apple akhirnya secara resmi merilis pembaruan dari sistem operasi untuk iPhone yakni iOS 16.4.1.

Dalam keterangan mengenai pembaruan yang dibawa, iOS 16.4.1 diketahui membawa perbaikan dari segi kerentanan keamanan dan beberapa bug kecil.

Melansir Phonearena, Minggu, kerentanan keamanan yang dimaksud cukup serius namun kini telah dapat ditangani apabila pembaruan segera dipasang di ponsel pintar para pengguna iPhone.

Salah satu kerentanan itu terdapat pada bug di IOSurfaceAccelerator yang jika disalahgunakan oleh peretas maka ponsel pengguna dapat dikontrol tanpa sepengetahuan pengguna.

Lalu perbaikan kerentanan lainnya terkait dengan bug di mesin pencarian WebKit Apple yang memungkinkan peretas untuk menjalankan perintah pada ponsel targetnya.

Baca juga: Apple rilis pembaruan iOS dan iPadOS atasi eksploitasi kerentanan

Perbaikan bug dan minor lainnya juga nampaknya dilakukan termasuk menangani masalah pilihan warna pada beragam pilihan emoji tangan.

Lalu peningkatan pada Siri juga ditambahkan agar lebih responsif lewat iOS 16.4.1.

Perbaikan pada Siri tersebut dilakukan setelah dalam beberapa laporan diketahui asisten digital itu tidak merespon penggunanya.

Meski begitu, pembaruan iOS 16.4.1 tidak menyebutkan akan mengatasi bug yang memengaruhi aplikasi dan widget "Weather" atau Cuaca.

Padahal sebelumnya cukup banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan aplikasi cuaca mereka tidak menampilkan data apa pun.

Namun, nampaknya masalah itu sudah diperbaiki secara langsung melalui server Apple dan tidak membutuhkan pembaruan dari sistem operasi.

Hal itu dikarenakan lewat situs web status sistem Apple menunjukkan aplikasi "Weather" terpantau bekerja baik.

Untuk menginstal iOS 16.4.1 di iPhone, anda bisa melakukannya secara manual dengan membuka Pengaturan, kemudian pilih opsi Umum, setelah itu pilih Pembaruan Perangkat Lunak.

Baca juga: iPhone 15 Pro akan lebih ramping dan gunakan port USB-C

Baca juga: iPhone 14 kuning resmi masuk Indonesia

Baca juga: Apple dikabarkan bawa perubahan utama pada pusat kontrol di iOS 17


 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023