Jakarta (ANTARA) - Hari ini Apple telah merilis pembaruan sistem operasi untuk iPhone iOS 16.4.1 dan tabletnya iPadOS 16.4.1 ke publik, mengatasi risiko kerentanan peretasan hingga varian warna kulit baru untuk emoji tangan.

Apple mendorong kedua pembaruan tersebut pada semua penggunanya pada saat yang bersamaan. Menginstal sesegera mungkin diperlukan, karena pembaruan kali ini dilengkapi dengan perbaikan untuk beberapa kerentanan yang dieksploitasi secara aktif.

Kerentanan “IOSurfaceAccelerator” memungkinkan aplikasi mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel (modul utama sistem operasi), sementara kerentanan “WebKit” memungkinkan konten web yang dibuat secara jahat mengeksekusi kode.

Baca juga: Apple dikabarkan bawa perubahan utama pada pusat kontrol di iOS 17

Selain itu, rilis tersebut memperbaiki masalah yang menyebabkan Siri tidak merespons dalam beberapa kasus, dan menambahkan variasi warna kulit untuk emoji tangan.

Dilansir Gsmarena, Sabtu, ini memang bukan pembaruan yang memiliki perubahan terbesar, namun tetap penting untuk melindungi gawai terpapar pada kerentanan yang disebutkan di atas.

Melakukan update sistem operasi dan aplikasi pada ponsel dengan versi terbaru, memberi manfaat baik yang signifikan, seperti memberi kenyamanan bagi pengguna ponsel, mulai dari peningkatan penting pada keamanan dan privasi ponsel, hingga meningkatkan kinerja yang menjadikan ponsel berjalan lebih baik dan cepat.

Baca juga: Apple bawa fitur "voice isolation" pada pembaruan di iOS 16.4

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023