Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi multinasional, Apple, dikabarkan membawa perubahan utama pada pusat kontrol iPhone melalui sistem operasi iOS 17.

Sistem operasi iOS 17 itu rencananya akan dikenalkan melalui ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) Apple yang akan berlangsung pada Juni mendatang.

Melansir MacRumors, Kamis, bocoran informasi mengenai iOS 17 tersebut dibawa oleh sumber anonim yang sebelumnya memberikan infomasi tepat terkait "Dynamic Island" pada iPhone 14 Pro.

Baca juga: Apple akan buka toko ritel resmi pertama di India

Sumber tersebut mengungkap bahwa iOS 17 akan difokuskan pada peningkatan kinerja dan stabilitas.

Fokus tersebut membuat Pusat Kontrol diperkirakan akan memiliki tampilan yang paling berubah dan menonjol dengan satu pembaruan perangkat lunak.

Sumber tidak memberikan detail spesifik tentang perubahan Pusat Kontrol yang sebagian besar terlihat sama sejak iOS 11 dirilis pada 2017.

Adapun saat ini menu utama memberi pengguna iPhone akses mudah ke kontrol untuk Wi-Fi, Bluetooth, kecerahan layar, volume , dan banyak fungsi sistem lainnya.

Baca juga: GM akan hapus Apple CarPlay dan Android Auto di kendaraan listrik

Lalu di iPhone X dan yang lebih baru, pusat kontrol dapat dibuka dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas layar.

Diperkenalkan dengan iOS 7, pusat kontrol telah menginjak usianya yang ke sepuluh pada 2023 ini.

Kemungkinan besar pusat kontrol tersebut akan mengalami perubahan desain setelah enam tahun menggunakan tampilan yang hampir serupa.

Baca juga: Apple menang banding atas paten dalam vonis Rp7,5 triliun dari VirnetX

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023