Perubahan jadwal pendaftaran dilakukan karena sebelumnya laman daftar mudik dan balik gratis ini dilakukan perbaikan atau uji coba
Situbondo (ANTARA) - Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengubah jadwal pembukaan pendaftaran mudik dan balik gratis secara daring (dalam jaringan) dari sebelumnya tanggal 4 April menjadi 9 April 2023 melalui laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten, Sumenep, Madura, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Baca juga: Dinas Perhubungan Situbondo siapkan e-ticketing di Pelabuhan Jangkar

"Perubahan jadwal pendaftaran dilakukan karena sebelumnya laman daftar mudik dan balik gratis ini dilakukan perbaikan atau uji coba," ujar Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi, Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono saat dihubungi di Situbondo, Minggu.

Dia menjelaskan, bagi warga yang akan memesan tiket mudik dan balik gratis tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, cukup mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kendaraan roda dua.

Menurut Tri Wahyono, laman pendaftaran mudik dan balik gratis Lebaran 2023 sudah bisa diakses mulai hari ini pukul 00.00 WIB, setelah sebelumnya dilakukan uji coba bersama-sama.

"Mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran," ujar dia.

Adapun jadwal keberangkatan kapal feri untuk angkutan mudik dan gratis, pada tanggal 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB.

KMP Wicitra Dharma I nantinya mampu mengangkut sebanyak 250 orang calon pemudik dan 150 unit sepeda motor sebanyak empat kali pelayaran dari Jangkar ke Raas.

Laman pendaftaran mudik dan balik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas, di laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id terpantau sudah banyak warga yang memanfaatkan dan mendaftarkan diri.

Hingga Minggu siang, dari kuota 250 penumpang mudik gratis Jangkar-Raas untuk tanggal 13 April 2023 tersisa 27 penumpang dan 74 kuota sepeda motor.

Keberangkatan tanggal 15 April 2023 tersisa 49 penumpang dan 100 unit sepeda motor, sedangkan tanggal 17 April 2023 tersisa 13 penumpang dan 99 sepeda motor.

Dan keberangkatan atau pelayaran terakhir mudik gratis, yakni tanggal 19 April 2023, tersisa 22 orang penumpang dan 97 unit sepeda motor.

Baca juga: Perusahaan pelayaran ajukan dispensasi jumlah penumpang mudik gratis

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023