Untuk masing-masing koordinator hanya diturunkan tiga petugas juru bayar
Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) telah menyalurkan bansos sembako, sebelumnya Bantuan Pangan non tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial kepada 698 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Ketua Satgas Penyaluran Bansos Tahun 2023 Adhitya Permadi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu menjelaskan, untuk wilayah Tangsel Pos Indonesia mendapatkan alokasi penyaluran kepada sekitar 900 KPM.

Baca juga: Pos Indonesia antar langsung bansos sembako ke rumah KPM di Jaksel

Bansos kloter I ada bansos sembako dan PKH yaitu untuk 6 KPM, lanjutnya, bansos sembako saja untuk 643 KPM, PKH saja untuk 299 KPM atau total 948 KPM.

"Yang sudah dibayarkan 698 KPM, sisa 250 KPM (yang belum disalurkan), atau 73,63 persen per 5 April 2023,” ujar Adhitya yang juga petugas Kantorpos KC Tangsel 15400.

Dia menambahkan, petugas juru bayar yang diterjunkan untuk penyaluran bansos di Tangsel tidak banyak karena jumlah KPM tak sampai 1000,

"Untuk masing-masing koordinator hanya diturunkan tiga petugas juru bayar,” katanya.

Selain itu, tambahnya, penyaluran lebih banyak dilakukan secara "door to door" atau petugas langsung mendatangi rumah KPM sebab jika dikumpulkan di komunitas tidak terlalu efektif.

Menurut dia, petugas tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab mengantarkan bansos sesuai SOP (standard operating procedure) yang telah ditetapkan serta selalu melakukan persiapan sebelumnya.

Di Tangsel, lanjutnya, ada tujuh kecamatan sehingga ada tujuh koordinator kecamatan yang akan mengkoordinir penyaluran bantuan di masing-masing kecamatan.

"Persiapan insyaAllah sudah maksimal dan bisa kita salurkan secepatnya sebelum Idul fitri 1444 H," ujarnya.

Mengenai nominal bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dijelaskan oleh Adhitya, berbeda-beda untuk setiap KPM antara Rp250 ribu hingga Rp3 juta.

Sementara untuk BPNT atau bansos sembako, nominal yang diterima sama yaitu Rp200 ribu per bulan. Karena diberikan langsung untuk tiga bulan maka yang diterima KPM ialah senilai Rp600 ribu.

Baca juga: Direksi Pos Indonesia tinjau distribusi bantuan pangan beras di Jatim
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023