Situbondo (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Situbondo, Jawa Timur mulai memasang banner dan spanduk di sepanjang jalur Pantura menjelang arus mudik Lebaran 2023 untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara.

Kasat Lantas Polres Situbondo AKP Suwarno di Situbondo, Senin, mengatakan bahwa pemasangan banner imbauan itu untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur pantura, terlebih tidak lama lagi arus lalu lintas akan makin padat saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Spanduk ataupun banner yang dipasang di sejumlah titik itu, bertuliskan imbauan keamanan, keselamatan, ketertiban kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas)," ujarnya.

AKP Suwarno menjelaskan bahwa banner dan spanduk imbauan dipasang di sejumlah titik tersebut yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalu lintas

"Seperti di kawasan jalan raya Kecamatan Banyuglugur (perbatasan Probolingg-Situbondo), Jalan Raya Demung, Kecamatan Besuki, Pasir Putih (Kecamatan Bungatan) dan jalan raya di kawasan Hutan Baluran (Kecamatan Besuki) serta di kawasan perkotaan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, pemasangan banner dan spanduk imbauan dilakukan untuk memberikan edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat, sehingga bisa menekan angka dan yang fatalitas terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Spanduk dan banner imbauan dipasang untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, dan Ini kami pasang di jalur pantura Situbondo, terutama di kawasan rawan kecelakaan," katanya.

AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto juga mengimbau kepada agar para pengendara sepeda motor ataupun mobil, senantiasa berhati-hati saat berkendara dan tetap menaati rambu rambu lalu lintas.

"Harapannya, tentu agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas dan masyarakat atau pengendara merasa aman dan nyaman melintas di jalan raya pantura Situbondo," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023