Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk siap membuka tiga ruas tol secara fungsional dalam rangka mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Dalam rangka kesiapan mudik ada tiga ruas tol yang selain sudah operasional secara parsial, di sini akan kami tambah dengan membuka secara fungsional sejumlah ruas tol yang pertama meliputi Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 km yang saat ini sudah siap dan menunggu keputusan untuk dibukanya jalan tol tersebut secara fungsional," ujar Direktur Utama Destiawan Soewardjono dalam Rapat Dengar Pendapat Bersama Komisi VI DPR RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Destiawan mengatakan, Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 akan dibuka dengan lajur fungsional 2x2, kemudian waktu fungsional mulai dari 07.00 sampai dengan 17.00 secara situasional, dan hanya dilewati oleh kendaraan Golongan 1 seperti Sedan, MVP dan Jeep.

Ruas tol berikutnya yang disiapkan untuk dibuka secara fungsional adalah Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur - Gending sepanjang 8,57 km.

"Ruas tol ini pun sudah siap (difungsionalkan)," kata Destiawan.

Sedangkan ruas tol ketiga adalah Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas sepanjang 3,36 km yang siap dibuka secara fungsional dan dalam proses uji laik fungsi (ULF).

"Ini adalah tambahan dalam rangka kesiapan mudik Lebaran, selain di ruas-ruas tol Waskita yang telah beroperasi," ujar Destiawan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas mudik Lebaran, Kementerian PUPR akan memfungsikan sementara atau fungsional enam ruas jalan tol baru di Pulau Jawa sepanjang 87 km.

Ruas tersebut meliputi ruas Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km. Kemudian Tol Ciawi–Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km) dan Tol Solo–Yogyakarta–NYIA Kulon Progo untuk sebagian Seksi 1.1 sepanjang 6,1 km.

Lalu ruas Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 dari Simpang Susun (SS) Sadang – SS Kutanegara (28,7 km), Tol Cimanggis–Cibitung Seksi 2A Jatikarya–Cikeas (3,5 km), dan Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur–IC Gending (8,6 km).

Baca juga: Hutama Karya siapkan 85 km ruas Tol Trans Sumatera fungsional Lebaran
Baca juga: PUPR: Tol Japek II Selatan seksi Sadang-Taman Mekar fungsional Lebaran
Baca juga: Menhub sebut Tol Cisumdawu beroperasi fungsional saat mudik Lebaran

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023