Kabupaten Jayapura mendapat bantuan perangkat TV digital dari Kementerian Kominfo sebanyak 4.602 set.
Jayapura (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Papua akan melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke setiap operator lokal TV kabel untuk memastikan berapa jumlah pelanggan di daerah ini yang telah beralih ke TV digital.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon saat dihubungi dari Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Papua akan melakukan sidak usai Lebaran 2023.

Menurut Gustaf, saat ini pihaknya mencatat sebanyak 15.000 pelanggan di Kabupaten Jayapura masih menggunakan layanan TV analog. Padahal sesuai ketentuan paling lambat pada 2 November 2022 semua pelanggan sudah beralih ke TV digital.

"Di Kabupaten Jayapura mendapat bantuan perangkat TV digital dari Kementerian Kominfo sebanyak 4.602 set, sehingga itu perlu dilakukan pendataan agar bisa memastikan berapa jumlah pelanggan TV digital yang ada di setiap kampung," katanya lagi.

Dia menjelaskan setelah dilakukan sidak, kemudian pihaknya akan melaporkan ke Kementerian Kominfo karena bantuan set top box diberikan langsung kepada masyarakat yang berada di kampung-kampung, sementara pihaknya belum mengetahui dengan pasti masyarakat yang menerima bantuan itu.

"Kami juga meminta agar warga yang telah menerima bantuan perangkat TV analog agar beralih ke TV digital," ujarnya pula.

Dia mengatakan pihaknya juga akan meminta data pasti dari PT Telkom berapa jumlah pelanggan Indihome di Kabupaten Jayapura yang sudah beralih ke TV digital.

"Karena pelanggan Indihome di Kabupaten Jayapura mencapai 11 ribu lebih," katanya lagi.

Dia menyebutkan, sementara untuk bantuan dari Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal BAKTI Kominfo pada 2022 kepada Pemkab Jayapura mendapat 39 tower Base Transceiver Station (BTS).

"Di mana kami 2023 juga mendapat tambahan sembilan, sehingga total ada 48 site BTS," ujarnya pula.

Selain itu, kata dia lagi, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika juga akan memberikan bantuan 11 site, namun saat ini baru terealisasi lima dan dari pihak Indosat memberi bantuan sembilan site yang telah dibangun semua.
Baca juga: Kapolda Papua Barat ajak masyarakat bijak pilih tontonan
Baca juga: Pemprov Papua jamin warga Papua menerima fasilitas set top box gratis

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023