George Town, Kepulauan Cayman (ANTARA News) - Pemimpin Kepulauan Cayman ditangkap karena diduga terlibat tidak pidana korupsi pada Selasa waktu setempat bersamaan dengan rangkaian investigasi kepolisian di pusat keuangan lepas pantai Karibia itu.

Perdana Menteri McKeeva Bush ditangkap di rumahnya oleh anggota Unit Kejahatan Finansial Kepolisian Kerajaan Kepulauan Cayman, tulis pernyataan dari kepolisian yang dikutip Reuters.

Kepulauan Cayman adalah wilayah luar negeri Britania Raya yang menganut sistem parlementer. Kepala negara yang menjadi simbol kehadiran kerajaan monarki Britania diduduki oleh seorang Gubernur.

Sementara Premier adalah semacam perdana menteri yang menjalankan roda pemerintahan bersama enam menteri lainnya.

Premier Bush menjadi fokus penyelidikan polisi dalam tuduhan pencurian, penyalahgunaan kartu kredit pemerintah dan penyalahgunaan kekuasaan tanpa izin yang valid, tulis pernyataan tersebut.

Juru bicara kepolisian menolak memberi keterangan lebih lanjut. Sementara juru bicara premier tidak dapat dimintai keterangan secara langsung.

Bush terpilih pada 2009 sebagai premier Kepulauan Cayman yang penduduknya saat ini hanya berjumlah 55.000 jiwa dan dianggap sebagai surganya pembayar pajak.

Dia juga menduduki posisi sebagai Menteri Keuangan dan Pariwisata. Bush adalah anggota terlama Dewan Legislatif Cayman dan pertama kali terpilih pada 1984.

Pada awal tahun ini, Komisioner Kepolisian Kepulauan Cayman, David Baines, mengatakan Bush adalah subjek dari tiga investigasi kepolisian, dua di antaranya dia sebut sebagai ketidakwajaran finansial. Bush secara terbuka menolak tuduhan tersebut.

(G005/H-RN)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012