Hari ini, Provinsi Teluk Cenderawasih dideklarasikan

Biak ( ANTARA News) - Deklarasi pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih hari ini, Rabu 12 Desember 2012 akan dipusatkan di kota perjuangan Serui, ibukota Kabupaten Yapen Kepulauan.

Diperkirakan ribuan masyarakat dari lima Kabupaten wilayah adat Teluk Saereri, diantaranya Biak, Serui, Waropen, Supiori dan Mamberamo Raya akan memadati kota Serui untuk menyaksikan deklarasi pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih.

Ketua Badan Kerja Sama antar Daerah yang juga pengagas Ppvinsi Teluk Cenderawasih Yusuf Melianus Maryen di Biak, Rabu, mengakui, lokasi tempat dekalarasi pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih disepakati di Serui, sebagai tindak lanjut hasil kesepakatan bersama rapat kerja Bupati dan asosiasi Ketua DPRD se kawasan Teluk Cenderawasih di Biak 23 November 2012.

Ia mengakui, kota Serui dipilih sebagai pusat deklarasi Provinsi Teluk Cenderawasih karena Kabupaten ini punya sejarah historis melahirkan pahlawan Nasional Silas Papare yang berjuang mengusir penjajah Belanda serta mengikat. Wilayah tanah Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sebagai kota perjuangan dalam menegakan NKRI sangat wajar jika kota Serui dipilih sebagai tempat deklarasi pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih," ujarnya.

Ia menyebutkan, lima wilayah pemekaran Provinsi Teluk Cendrawasih memiliki kesamaan geografis sebagai daerah kepulauan dan memiliki komitmen bersama untuk kemajuan daerah menjadi lebih sejahtera, mandiri, dan sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

Pada Selasa tengah malam rombongan Pemkab Biak Numfor telah menuju kota Serui dengan menggunakan kapal laut Kam Jap Wairon untuk menghadiri deklarasi Provinsi Teluk Cenderawasih.
(M039)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012

BMKG: dua kabupaten di Papua potensi gempa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar