IHK Maret China lebih rendah dari yang diharapkan, yang dapat mendorong pemerintah China untuk lebih merangsang ekonomi
Chennai, India (ANTARA) - Harga minyak naik di perdagangan Asia pada Selasa sore, di tengah ekspektasi potensi stimulus ekonomi oleh China, permintaan yang sehat di seluruh Asia dan penurunan stok minyak mentah AS.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 64 sen atau 0,8 persen, menjadi diperdagangkan di 84,82 dolar AS per barel pada pukul 05.57 GMT.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menguat 67 sen atau 0,8 persen, menjadi diperdagangkan pada 80,41 dolar AS per barel.

Data dari China menunjukkan bahwa inflasi konsumen pada Maret mencapai laju paling lambat sejak September 2021, menunjukkan pelemahan permintaan berlanjut di tengah pemulihan ekonomi yang tidak merata, yang mendorong ekspektasi bahwa Beijing dapat mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan.

"IHK Maret China lebih rendah dari yang diharapkan, yang dapat mendorong pemerintah China untuk lebih merangsang ekonomi," kata Tina Teng, seorang analis di CMC Markets.

Minyak mentah berjangka juga naik karena dolar melemah di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve AS semakin dekat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunga. Greenback yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

"Dengan lebih banyak bank sentral yang menghentikan kenaikan suku bunga, seperti bank sentral Australia, bank sentral Korea Selatan ... ekspektasi Fed untuk lebih jauh mengurangi kebijakan pengetatannya telah diperkuat," kata Teng.

Tanda-tanda kuatnya permintaan bahan bakar di India, konsumen minyak terbesar ketiga dunia, pada Maret juga mendukung harga.

Bulan lalu, konsumsi bahan bakar melonjak 5,0 persen dari tahun sebelumnya ke rekor 4,83 juta barel per hari.

Minyak berjangka telah naik lebih dari 5,0 persen sejak Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia mengejutkan pasar minggu lalu dengan putaran baru pengurangan produksi yang dimulai pada Mei.

Di bagian pasokan AS, data industri tentang stok minyak mentah AS akan dirilis pada Selasa waktu setempat. Lima analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah turun sekitar 1,3 juta barel dalam sepekan hingga 7 April.

Laporan inflasi AS yang akan dirilis pada Rabu (12/4/2023) dapat membantu investor mengukur lintasan jangka pendek untuk suku bunga Fed.

Baca juga: Minyak naik tipis di sesi Asia dipicu rencana pemotongan pasokan OPEC+
Baca juga: Minyak jatuh ketika kekhawatiran suku bunga naik imbangi pasokan ketat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023