Cianjur (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang(PUPR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memastikan perbaikan jalan Kabupaten di wilayah Cianjur, tuntas sebelum hari raya Idul Fitri sehingga laik dilalui pemudik mulai dari utara hingga selatan.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar di Cianjur Selasa, mengatakan perbaikan yang dilakukan merupakan bentuk pemeliharaan jalan rutin setiap tahun mulai dari Kecamatan Cipanas di utara hingga Kecamatan Naringgul di selatan.

"Proses perbaikan dengan cara tambal sulam untuk jalan kabupaten yang rusak ringan dan sedang, sedangkan yang rusak parah dilakukan pembangunan dengan anggaran pinjaman  bank sebesar Rp 150 miliar," katanya.

Jalan kabupaten yang ramai dilalui pemudik saat libur panjang hari raya menjadi prioritas perbaikan termasuk jalan yang menuju obyek wisata di masing-masing wilayah sehingga aman dan nyaman saat dilalui kendaraan yang melintas.

Eri menjelaskan, untuk perbaikan jalan kabupaten di wilayah perkotaan dan jalur alternatif mudik akan diperbaiki maksimal seperti jalur Hanjawar-Pacet, Tungturunan, dan Tari kolot-Cikalongkulon.

"Khusus untuk perbaikan jalan kabupaten ini, anggaran yang digunakan sekitar Rp 1,5 miliar dan dikerjakan pihak rekanan dengan target sudah tuntas tiga hari menjelang Lebaran," katanya.

Eri menambahkan, perbaikan jalan kabupaten akan terkoneksi dengan perbaikan jalan provinsi dan nasional yang juga sedang dalam tahap perbaikan dan diperkirakan tuntas dalam pekan ini.

"Perbaikan dan pembangunan jalan juga dilakukan provinsi dan nasional yang membentang di Kabupaten Cianjur, untuk kedua jalan tersebut diperkirakan akan selesai pada pekan ini, sehingga jalur mudik di Cianjur laik dilalui," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023