Saya beserta kawan-kawan KNPI akan berjuang bersama bang Anas Urbaningrum
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menyatakan organisasinya siap berjuang bersama Anas Urbaningrum.

"Saya beserta kawan-kawan KNPI akan berjuang bersama bang Anas Urbaningrum," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Penegasan itu disampaikan Haris saat memberikan sambutan pada silaturahmi dan buka bersama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Bandung, Jawa Barat.

Haris bersama ribuan aktivis pemuda dan HMI menyambut hangat Anas Urbaningrum pascamenghirup udara bebas dari masa tahanan selama 9 tahun 3 bulan.

"Sambutan kepada bang Anas sangat luar biasa, kami semua merasakan sosok abang, mentor, guru dan senior yang telah membentuk kami jadi seperti sekarang dengan suka cita," ungkapnya.

Baca juga: Anas Urbaningrum sebut tak akan timbulkan permusuhan usai bebas
Baca juga: Keluarga di Blitar sambut kebebasan Anas Urbaningrum


Haris meyakini bahwa apa yang telah dijalani selama 9 tahun 3 bukan atau sejak 2013 oleh Anas selama masa tahanan, diyakini sarat muatan politisnya.

"Saya sangat yakin apa yang dialami oleh Bang Anas merupakan tindakan zholim dan penuh sarat muatan politisnya," ujarnya.

Haris pun menyatakan, sejak awal telah terjadi keanehan proses hukum dan kriminalisasi atau persekusi politik dengan memperalat hukum terhadap seniornya tersebut. Bahwa Anas Urbaningrum adalah korban kompetisi politik tidak ksatria dan tidak fair.

"Cakar kekuasaan dalam mengintervensi hukum untuk menjerat anak bangsa atas nama ambisi, kepentingan kelompok atau golongan, tidak boleh lagi terjadi di negeri ini. Pemuda akan melawan segala bentuk kriminalisasi, karena hukum harus jadi panglima keadilan," katanya menegaskan.

Haris pun turut berbahagia atas kebebasan Bang Anas Urbaningrum. Mereka yang tergabung dalam KNPI merasa ikut senang dengan bebasnya Anas, karena KNPI akan mendapatkan senior partner dalam berpikir, bergagasan dan bergerak.

Ketua Bidang Pemuda Majelis Nasional Korps Alumni HMI (MN KAHMI) berharap perjuangan kaum muda untuk tegaknya keadilan dan demokrasi pasca Anas bebas harus terus lanjut.

"Demokrasi harus diperjuangkan dengan cara yang fair dan sesuai dengan nilai Pancasila. Keadilan yes, kriminalisasi no!," tandasnya.

Baca juga: Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin
Baca juga: Simpatisan Anas datang ke Sukamiskin bawa bendera dan pengeras suara

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023