Jakarta (ANTARA) - Dita Karang, anggota grup K-Pop SECRET NUMBER asal Indonesia, diperkenalkan sebagai duta hubungan Indonesia-Korea Selatan dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan kedua negara.

Misi gadis berdarah Bali itu disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto, yang pada Senin (10/4) menghadiri penetapan anggota grup K-Pop Super Junior, Choi Siwon, sebagai duta promosi Korsel untuk misi yang sama. 

Menurut keterangan tertulis KBRI Seoul, Dita diperkenalkan Dubes Gandi sebagai juru bicara dari sisi Indonesia untuk 50 tahun persahabatan Indonesia-Korsel, yang dirayakan tahun ini. 
 
Dita sendiri ditunjuk sebagai duta hubungan bilateral oleh Dubes Gandi pada akhir Agustus 2022, dan sebulan setelah itu ia diikutsertakan menyambut Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana saat Presiden melakukan lawatan ke Korea Selatan. 

Sementara itu pada Senin, Gandi menghadiri acara penunjukan Siwon di Kementerian Luar Negeri Korsel di Seoul.
 
Dalam sambutannya, menurut keterangan KBRI Seoul, ia menyatakan harapan bahwa hubungan kedua negara bisa menjadi lebih erat melalui penetapan Siwon sebagai duta promosi oleh pemerintah Korsel.
 
Dalam acara tersebut, Dubes RI memberikan dua buah kemeja batik yang dirancang khusus oleh desainer Tanah Air Anne Avantie kepada Menteri Luar Negeri Park Jin dan Siwon, sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Menlu Park Jin dalam sambutannya menyatakan Korsel akan terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang strategis, termasuk politik dan keamanan, ekonomi dan investasi, serta hubungan antar masyarakat (people-to-people).​​​​​


Baca juga: Dita Karang, gadis Indonesia yang debut di grup K-pop SECRET NUMBER
 
Baca juga: Indonesia, Korsel tunjuk Si Won jadi duta promosi hubungan diplomatik

 

Jokowi dorong investasi Korsel pada percepatan ekosistem mobil listrik

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023