Palembang (ANTARA News) - Badan Pemeriksaan Keuangan Sumatera Selatan akan segera memeriksa beragam proyek terkait perhelatan SEA Games ke-26 tahun 2011.

Kepala Perwakilan BPK Sumatera Selatan VM Ambar Wahyuni di Palembang Kamis mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan proyek pembangunan fasilitas SEA Games akan dilakukan awal 2013.

Pemeriksaan dilakukan setelah Pemprov Sumsel menyerahkan draf laporan keuangan ke BPK, katanya. Menurut dia, pemeriksaan untuk memastikan pembangunan berbagai fasilitas olahraga dan pendukung untuk ajang empat tahunan tersebut berjalan sesuai ketentuan.

Pemeriksaan laporan keuangan menjadi langkah awal mengetahui penggunaan uang negara tepat dan temuan kinerja bagus.

Ia mengatakan, BPK sesuai dengan tugas juga melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan memeriksa kinerja dinas/instansi serta lembaga di Sumatera Selatan.

Bukan hanya pemprov tetapi pemkab dan pemkot serta instansi terkait lainnya.

Dia mencontohkan, hasil pemeriksaan atas pendapatan daerah tahun anggaran 2011 dan 2012 sampai Juni terhadap Pemkot Palembang pihaknya menemukan sebanyak 12 temuan dengan dana sebesar Rp10 miliar lebih.

Dimana temuan itu menyebutkan bahwa dana yang harusnya ada di kas daerah tetapi masih belum tercatat karena berbagai kemungkinan, seperti belum dibayar kontraktor atau lain-lain.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012