Kalangan pemudik perlu mewaspadai ada tempat-tempat tertentu di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang rawan terjadi tanah longsor seperti di daerah Kecamatan Binduriang
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi mengingatkan kalangan pemudik yang akan melewati wilayah itu untuk mewaspadai beberapa titik rawan longsor.

"Kalangan pemudik perlu mewaspadai ada tempat-tempat tertentu di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang rawan terjadi tanah longsor seperti di daerah Kecamatan Binduriang," katanya saat ditemui di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan jalur mudik yang rawan longsor dalam wilayah Kecamatan Binduriang tersebut terdapat di beberapa titik mulai dari Desa Kepala Curup, Simpang Beliti hingga Air Apo yang posisinya berada di tepi jurang.

Untuk itu ia meminta pihak-pihak terkait segera memasang rambu-rambu peringatan sehingga kalangan pemudik yang akan ke luar dan masuk ke Provinsi Bengkulu melalui jalur mudik di Rejang Lebong tidak terjebak.

Selain itu dia mengimbau kalangan pemudik yang akan melewati wilayah itu pada malam hari agar memanfaatkan jasa pengawalan yang disiapkan Polres Rejang Lebong secara gratis sehingga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik.

Baca juga: Pengguna Jalan Lintas Curup diminta manfaatkan pengawalan polisi

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong Shalahudin menyebutkan pihaknya akan menyiagakan alat berat di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang menjadi jalur mudik Lebaran di wilayah itu.

"Kita akan menyiagakan satu unit alat berat milik BPBD Rejang Lebong jenis loader di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, kemudian peralatan lainnya, seperti enam unit chainsaw, satu unit mobil tanki," kata dia.

Alat berat ini akan disiagakan pihaknya di Mapolsek Sindang Kelingi yang posisinya berada di jalan nasional, yang menjadi jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau.

Alat berat yang disiagakan itu sendiri selain bisa memberikan penanganan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, juga kepada kecamatan lainnya seperti daerah yang rawan longsor di wilayah Kecamatan Sindang Dataran, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, dan jalan arah ke Kabupaten Lebong.

Baca juga: PUPR: Preservasi Jalintim Sumatera tingkatkan kenyamanan jalur mudik

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023