Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan sebanyak 50 minibus untuk program mudik gratis Lebaran 2023.
 
Kepala Dinas Perhubungan Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarmasin, Rabu, mengatakan sebanyak 50 minibus disiapkan untuk angkutan mudik gratis bagi warga yang ingin merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman.
 
Menurut dia, pendaftaran program mudik gratis tersebut mulai dibuka pada hari ini hingga 15 April 2023.

Baca juga: Pemprov Kalbar siapkan angkutan mudik Lebaran gratis
 
Sesuai kuota yang tersedia, kata dia, setiap minibus berkapasitas sebanyak 15 penumpang. Mudik gratis dilaksanakan pada 19-20 April 2023.

"Sesuai arahan Gubernur Kalsel, kegiatan ini bertujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan serta dalam rangka pengendalian inflasi sektor transportasi di Kalsel," katanya.

Ia mengatakan, rute mudik gratis itu yakni Banua Anam meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.
 
Rute lainnya, kata dia, ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi siapkan 8 bus mudik gratis dari Bali

Menurut dia, untuk start pengangkutan penumpang bertempat di Siring 0 Kilometer Kota Banjarmasin, Jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura, dan Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Fitri menambahkan, untuk kegiatan mudik Lebaran 2023 pihaknya juga sudah melakukan ramp check atau pemeriksaan kendaraan angkutan umum di Terminal Km 6 Banjarmasin.

"Hal itu untuk memastikan angkutan umum yang melayani mudik lebaran memenuhi standar operasional demi keselamatan penumpang," tutur Fitri.

Baca juga: Pemprov NTB gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2023
 
Selain itu, pihaknya bersama kepolisian, balai jalan, dan instansi terkait juga sudah memeriksa kondisi jalan jalur mudik lebaran, di mana lebih dari 90 persen dalam kondisi baik.

Pewarta: Sukarli
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023