Hari ini kami merealisasikan pembayaran perdana pengadaan lahan untuk pembangunan infrastruktur IKN, yang diharapkan mampu menjadi akselerator perwujudan IKN sebagai salah satu rencana strategis nasional
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melaksanakan pembayaran uang ganti kerugian untuk pengadaan lahan bagi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp17,3 miliar pada Rabu (12/4).
 
Pembayaran tersebut merupakan pembayaran tahap I untuk 9 bidang tanah yang diterima oleh lima warga terdampak.
 
“Hari ini kami merealisasikan pembayaran perdana pengadaan lahan untuk pembangunan infrastruktur IKN, yang diharapkan mampu menjadi akselerator perwujudan IKN sebagai salah satu rencana strategis nasional," kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam keterangan resmi, di Jakarta, Kamis.
 
Pembayaran perdana ini juga merupakan wujud dari sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder pengadaan lahan IKN.
 
Pembayaran pembebasan lahan IKN akan dilakukan secara bertahap, mengikuti progress pengadaan lahan di lapangan, setelah seluruh tahap pengadaan lahan dilewati sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.
 
LMAN membayarkan uang ganti menggunakan skema pembayaran langsung, dimana dana akan dibayarkan langsung oleh LMAN ke rekening bank warga terdampak.
 
Untuk tahap awal alokasi dana pengadaan lahan untuk pembangunan IKN, LMAN telah menyiapkan anggaran sebesar Rp795,79 miliar.
 
"Pengalokasian anggaran tersebut merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan IKN," katanya.
 
Uang ganti kerugian yang diterima warga, diharapkan mampu menjadi pendorong daya beli yang dapat digunakan secara bijaksana, sehingga menghasilkan manfaat berkelanjutan untuk meningkatkan taraf hidup warga terdampak.
 
"Selanjutnya, pembangunan infrastruktur juga diharapkan menghasilkan manfaat berganda bagi masyarakat di wilayah IKN dan sekitarnya, guna mewujudkan
pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Dirut LMAN: Jateng serap nggaran pengadaan lahan terbesar di 2023

Baca juga: Dirut LMAN: Pembiayaan investasi dari APBN Rp25,4 triliun di 2023

Baca juga: LMAN salurkan Rp1,28 triliun untuk pengadaan lahan PSN pada 2023

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023