JAKARTA (ANTARA) - Perusahaan teknologi multinasional Amerika, Nvidia Corp, sedang mengemas salah satu chip game kelas menengahnya dengan lebih banyak fitur kecerdasan buatan untuk meningkatkan performa grafis.

Sebagaimana dilaporkan Reuters pada Kamis (13/4), Chip RTX 4070 baru, mulai dikirimkan Nvidia hari ini dengan menelan biaya 599 dolar AS (Rp8,8 juta), menempatkannya di tengah jajaran unit pemrosesan grafis (GPU) perusahaan, yang terdaftar hingga 1.600 dolar AS (hampir Rp24 juta).

Baca juga: Foxconn dan Nvidia kerja sama kembangkan platform kendaraan otonom

Chip yang diperbaruinya, RTX 3060, adalah chip game terpopuler keempat di pasar, menurut data survei pada bulan Maret dari platform distribusi game Steam.

Meskipun chip pusat data Nvidia untuk melatih sistem kecerdasan buatan seperti ChatGPT telah mendorong pertumbuhan pendapatan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan masih mendapatkan sekitar sepertiga dari 26,9 miliar dolar AS (Rp397,8 triliun) pendapatan tahun fiskal 2023 dari chip game. Padahal pendapatan game turun sebesar 27 persen, terseret oleh pasar PC yang merosot secara keseluruhan.

Chip Nvidia membantu video game PC merender gambar ke layar beresolusi tinggi lebih cepat untuk membuat game terlihat lebih realistis. Chip 4070 akan menjadi chip termurah di pasar yang menggunakan teknologi AI terbaru Nvidia.

Alih-alih menghitung dengan tepat berapa nilai setiap piksel pada layar, yang dapat memakan waktu ekstra, chip game Nvidia terbaru menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi sekitar tujuh dari setiap delapan piksel seharusnya, termasuk menghasilkan seluruh bingkai menggunakan AI.

Direktur senior produk GeForce Nvidia, Justin Walker, dalam sebuah wawancara mengatakan gim "tidak seperti film di mana semuanya telah direkam sebelumnya. Ini dinamis, bergerak, dan ada input pengguna.”

“Saya tidak bisa hanya meletakkan bingkai di tengah-tengah antara dua bingkai. Saya harus benar-benar memahami gerakan di antara dua bingkai," kata dia.



Baca juga: Qualcomm-Nvidia berebut posisi teratas tes efisiensi chip AI

Baca juga: Google klaim super komputernya lebih cepat dari Nvidia

Baca juga: NVIDIA jalin kerjasama dengan Asus dan GeForce dukung insan kreatif
 

Penerjemah: Siti Zulaikha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023