Permasahan utama di Jabar, yakni kemiskinan, saya akan bantu Rp500 juta setiap desa untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,"
Jakarta, 14/12 (ANTARA) - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Cagub-Cawagub Jabar), Irianto MS Syafiuddin (Yance) -Tatang Farhanul Hakim menjanjikan Rp500 juta bagi setiap desa untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan.

"Permasahan utama di Jabar, yakni kemiskinan, saya akan bantu Rp500 juta setiap desa untuk memberdayakan ekonomi masyarakat," kata Yance di Jakarta, Jumat malam.

Yance mengatakan pihaknya akan menganggarkan dana sekitar Rp3 triliun untuk memberikan bantuan sekitar 6.000 desa di seluruh wilayah Jawa Barat.

Yance yakin pihaknya mampu membantu bantuan bagi seluruh desa karena Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jabar mencapai Rp18 triliun.

Pasangan Cagub Jabar yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, akan memberdayakan program ekonomi kemasyarakatan, seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan penyediaan lapangan pekerjaan.

"Solusi tersebut dapat mengantisipasi urbanisasi untuk meningkatkan perekonomian," ujar mantan Bupati Indramayu tersebut.

Sementara itu, Cawagub Jabar, Tatang Farhanul Hakim mengungkapkan persoalan utama masyarakat di Jabar, antara lain kemiskinan yang mencapai 5 juta orang dari 26 juta penduduk.

"Ada ketimpangan antarkota dan kabupaten yang harus ditangani secepatnya," tutur mantan Bupati Tasikmalaya tersebut.

Tatang mengaku tidak khawatir untuk bersaing dengan para pasangan lainnya yang memiliki popularitas karena latar belakangnya selebritis, seperti Ahmad Heriawan-Dedy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana maupun Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki.

Tatang beralasan masyarakat Jabar mengharapkan pemimpin yang memiliki integritas dan kepekaan terhadap masalah kemiskinan.

"Masyarakat yang memilih pasangan karena popularitas (artis) hanya 20 persen, sisanya mengharapkan pemimpin yang kredibel dan memiliki kepekaan," ungkapnya.
(T014/R021)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012