Jakarta (ANTARA) - Shenyang, ibu kota Provinsi Liaoning, China, tahun ini mulai membagikan subsidi tunai guna mendorong keluarga-keluarga di wilayahnya untuk memiliki anak ketiga.

Pasangan-pasangan di kota itu berhak menerima tunjangan bulanan sebesar 500 yuan (1 yuan = Rp2.159) untuk anak ketiga mereka yang lahir dari 20 Januari hingga anak mereka menginjak usia tiga tahun, menurut sebuah rencana implementasi tentang kebijakan pengoptimalan kelahiran anak dan peningkatan pengembangan populasi jangka panjang dan seimbang, yang baru-baru ini diterbitkan oleh pemerintah setempat.

Sejumlah kota di China meluncurkan kebijakan untuk mendukung kelahiran anak dengan mengurangi biaya pengasuhan anak. Di beberapa provinsi dan daerah, keluarga yang memiliki anak kedua atau ketiga dapat memperoleh bantuan pemerintah dalam hal pendidikan, asuransi kesehatan, dan tempat tinggal sewa umum.

Sejumlah kota, seperti Shenzhen dan Wenzhou, melibatkan keluarga-keluarga yang memiliki satu anak dalam pengumpulan opini untuk mengoptimalkan kebijakan pendukung kelahiran anak.

Kota Hangzhou mengklarifikasi bahwa semua keluarga yang memiliki bayi baru lahir yang terdaftar di kota itu dapat mengajukan permohonan untuk program subsidi kelahiran anak. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023